Paten Baru Cisco untuk Penambangan Bitcoin?

Kabar mengejutkan datang dari Cisco. Hari Selasa, 24 April 2018 lalu, Cisco berhasil memenangkan sebuah paten baru yang dapat diaplikasikan dalam proses penambangan bitcoin.

Paten ini diajukan jauh-jauh hari, tepatnya September 2015. Judul paten ini disebut “Cloud-sourced cloud computing”, menurut US Patent and Trademark Office/USPTO.

Paten ini terkait dengan cara agar perangkat keras yang sumber dayanya sedang tidak dipakai untuk memanfaatkan sumber daya komputasi tersebut untuk melakukan aktivitas lain yang memerlukan kekuatan komputasi tinggi. Tentu saja penambangan bitcoin termasuk salah satu aplikasi yang dapat dijalankan sebagai aktivitas tersebut.

Paten ini juga menyebutkan bagaimana seorang pengguna dapat membagi-bagi sumber daya untuk mengerjakan aplikasi yang berbeda dalam sebuah mesin yang sama. Aplikasi berbasis cloud ini tentu saja dapat digunakan untuk berbagai kegiatan.

“This model is suitable for, among other things, offering distributed processing and services that can be optimized for speed, volume, scale and resiliency, cost, and regulatory compliance–for example, distributed neighborhood theft protection systems, or cluster, city or municipality county relevant services… One such case involves bitcoin mining, which may be very computational intensive and is typically more convenient for every participant when done in ‘mining pools.'”

Dengan menggunakan metode cloud computing, proses komputasi dapat dilakukan dengan skalabilitas tinggi, artinya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam hal persebaran geografis, teknologi cloud computing yang diajukan Cisco ini juga memiliki keuntungan dari sisi penghematan sumber daya jaringan.

Cisco sendiri merupakan raksasa teknologi yang bergerak dalam industri jaringan komputer. Berbagai perangkat seperti switch dan router diproduksi Cisco dan digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia.

Dalam bidang teknologi blockchain, Cisco juga tidak tinggal diam dengan mulai mengeksplorasi potensi penggunaan blockchain dalam bidang Internet of Things.

Be the first to write a comment.

Your feedback