Pemerintah Daerah di Inggris Terbitkan Mata Uang Virtual

Ide tentang penerbitan mata uang kripto nasional memang sudah tidak asing lagi. Venezuela sukses menerbitkan Petro dan berhasil mengumpulkan dana yang tidak sedikit saat ICO, Swedia dengan e-Krona, Libanon, dan beberapa negara lainnya sedang mengkaji perlunya mata uang kripto yang didukung oleh pemerintah. Keuntungan atas penggunaan mata uang kripto menjadi fokus dari kajian tersebut, karena melihat kelemahan yang ada pada sistem saat ini. Namun pemerintah daerah ternyata juga tertarik mengeksplorasi potensi mata uang kripto dalam manajemen daerahnya.

Hull, sebuah kota di negara Inggris, menerbitkan sebuah mata uang baru bernama HullCoin. Saat ini HullCoin dikendalikan oleh internal tim. Mereka mengklaim HullCoin sebagai loyalty point berbasis komunitas pertama di dunia. Saat seorang warga melakukan aktivitas sosial, maka ia akan mendapatkan HullCoin yang dapat ditukarkan dengan berbagai manfaat, misalnya diskon di berbagai merchant yang menerima HullCoin. Aktivitas sosial ini akan digalang oleh lembaga-lembaga sosial yang “mengupah” pekerja sukarela dengan HullCoin.

HullCoin mendapat sambutan yang baik di antara warganya. HullCoin dianggap sebagai pesaing Groupon di kota itu, meskipun memiliki proses bisnis yang sama sekali berbeda. HullCoin memang bertujuan untuk menggerakkan ekonomi di kota tersebut melalui program reward. Saat ini sudah ada lebih dari 140 ritel yang menerima HullCoin. HullCoin juga memiliki potensi untuk mengurangi angka kemiskinan di kota tersebut dengan berbagai aktivitas yang disediakan maupun distribusi koin kepada yang membutuhkan.

Pengembangan HullCoin dilakukan oleh Kaini Industries, sebuah lembaga nirlaba yang didirikan pada tahun 2014 yang kini menggawangi HullCoin. Jumlah HullCoin sebanyak 10 juta koin di-premine yang akan didistribusikan kepada lembaga-lembaga sosial yang mendaftarkan diri.

Menurut infografis yang disediakan, seluruh informasi dapat diakses melalui aplikasi yang dibuat untuk memanfaatkan HullCoin, mulai dari registrasi, persetujuan aktivitas, menerima pembayaran, kemudian mencari merchant yang menawarkan diskon dengan aplikasi yang sama. Pembayaran menggunakan HullCoin pun dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang sama.

Selain didukung oleh pemerintah setempat, penerbitan HullCoin juga didukung oleh departemen tenaga kerja dan Hull College. HullCoin diharapkan menjadi awal dari adopsi teknologi yang didukung oleh pemerintah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sosial.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback