Pemuda Kaya Karena Kripto

Menguatnya pasar aset kripto, yang dipimpin oleh Bitcoin, di kala pandemi ini, kian menegaskan munculnya kelas generasi baru, yakni “Pemuda Kaya Karena Aset Kripto”. Apa saja ciri-cirinya?

Sekali peristiwa, kami bersua di dunia maya dengan dua orang anak muda. Masing-masing usianya baru 25 dan 27 tahun.

Tapi kegemaran mereka bukan mengoleksi game-game terbaru. Mereka tenggelam di antara chart harga aset kripto.

Mereka memilih profesi trader sebagai jalan hidup mereka. Mereka juga membuktikan berkerja mengkaji gerakan harga, tak kalah baik rejekinya dibandingkan profesi popular lainnya.

Kami di sini, yang sebagian besar belasan tahun lebih senior daripada mereka, agak terkejut. Ada perubahan besar antar generasi.

Jikalau 20 tahun silam, profesi trader sedikit jumlahnya, karena pasarnya pun sempit. Kalau tidak saham ya trading valuta asing.

Pun untuk menjadi trader profesional, setidaknya berguru di banyak pelatihan ataupun otodidak. Itupun tidak banyak, apalagi di Indonesia.

Jadi, bagi kami, perubahan mencolok dewasa ini adalah akibat pasar aset kripto yang lebih terbuka, global dan bisa diakses oleh siapa saja.

Toh lagi, ilmu trading, charting alias analisis teknikal, banyak sekali berserakan di Internet.

Tutorialnya tinggal pilih mana yang cocok dan mudah dipahami.

Beberapa dekade lalu, ilmu charting, hanya segelintir orang yang memahami dan bisa mengaksesnya.

Maka, tak heran, profesi trader di masa itu bisa dianggap “dewa”, karena bisa memproyeksikan harga di masa depan. Di masa itu kesannya sangat eksklusif.

Kami berpikir inilah faedahnya pasar aset kripto, yang memberikan peluang bagi siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahkan di luar profesi mainstream. Sebuah perubahan penting abad ini.

Kuncinya hanya satu, mereka memang gemar belajar dan punya banyak waktu untuk itu.

Selebihnya, motif pangkalnya sederhana: uang dalam makna positif dan kerja keras tanpa menyerah.

Trader-trader seperti mereka, kami pikir jumlahnya akan semakin banyak, karena masa depan aset kripto akan berubah drastis di masa depan, banyak variabel dan peluang apik.

Dan tentu saja, profesi trader aset kripto akan terus menjanjikan. Di tingkat “lebih dewa” lagi, trader ulung dan jujur akan terus dipakai oleh perusahaan bursa aset kripto manapun, sebagai analis. [/]

Comments are closed for this post.