Petro Jadi Mata Uang Sah di Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah memerintahkan agar seluruh institusi di bawah pemerintah menerima Petro sebagai mata uang yang sah.

Sebelumnya, pemerintah Venezuela telah membentuk sebuah badan baru yang khusus mengurusi ekonomi berbasis mata uang kripto. Tentu saja hal ini sejalan dengan usaha mereka untuk memasarkan Petro, mata uang kripto yang mereka terbitkan, ke seluruh dunia.

Presiden Nicolas Maduro mengklaim bahwa pemerintahnya telah berhasil menghimpun dana sebesar USD5miliar dari para investor yang berasal dari China, Rusia, dan Meksiko. Meskipun demikian, banyak orang yang masih ragu-ragu akan kebenaran berita ini.

Venezuela sendiri saat ini sedang mengalami krisis ekonomi yang sangat parah. IMF memperkirakan di akhir tahun ini negara Venezuela akan mengalami inflasi sebesar 13.000 persen dengan kontraksi ekonomi sebesar 15 persen.

Petro sendiri sangat diminati investor. Meskipun demikian, kondisi ekonomi Venezuela sangat memprihatinkan dengan angka pengangguran yang sangat besar, kemiskinan dan kelaparan menjangkiti masyarakat Venezuela. Hal ini merupakan dampak dari sanksi ekonomi yang diterapkan negara-negara barat termasuk Amerika Serikat atas Venezuela.

Petro diklaim sebagai mata uang kripto yang didukung cadangan minyak, namun para pakar meyakini bahwa minyak yang jadi aset kolateral Petro ini bahkan belum digali!

Be the first to write a comment.

Your feedback