Ripple (XRP) Umumkan Gabung Proyek Hyperledger

Pada tanggal 28 Maret yang lalu, Ripple mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dalam proyek Hyperledger. Proyek ini merupakan konsorsium perusahaan-perusahaan di dunia untuk mengembangkan teknologi berbasis blockchain secara bersama-sama. Dengan berbagi sumber daya, maka diharapkan hasil kerjasama ini akan dapat digunakan oleh semua pihak untuk mengeksplorasi potensi teknologi blockchain dalam peningkatan efisiensi proses bisnis perusahaan-perusahaan ini. Yang menarik dari proyek Hyperledger ini adalah kode sumber terbuka yang dapat diakses oleh semua pihak.

Ripple bergabung bersamaan dengan 13 organisasi yang berasal dari berbagai negara. Daftar perusahan-perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Beijing Truth Technology
  2. Blockchain Technology Partners
  3. CULedger
  4. Greenstream Technology
  5. KompiTech
  6. MATRIX Foundation
  7. REMME
  8. Ripple
  9. Shenzhen Rongxun Technology
  10. Spin Systems
  11. Versia
  12. Xiilab Co
  13. Cambridge Centre For Alternative Finance (University of Cambridge)
  14. Kerala Blockchain Academy

Dengan bergabungnya perusahaan-perusahaan di atas, maka total organisasi yang bergabung dalam proyek Hyperledger menjadi 231 yang berasal dari lebih dari 25 negara di dunia. Yang menarik lainnya dari proyek Hyperledger ini adalah latar belakang industri anggotanya yang berbeda-beda, mulai dari Internet of Things, perbankan, keuangan, manufaktur, dan teknologi lainnya. Direktur Eksekutif Hyperledger,  Brian Behlendorf, menyatakan bahwa fenomena ini menunjukkan bahwa blockchain akan menjadi fenomena global, di mana penerapan teknologi ini sangat bervariasi dan cocok dipakai di berbagai industri.

CTO Ripple, Stefan Thomas, menyatakan bahwa kerjasama dengan Hyperledger ini memungkinkan para pengembang untuk mengakses Interledger Protocol (ILP) yang menggunakan platform Java yang dapat digunakan untuk kebutuhan enterprise. Sementara itu proyek Hyperledger Quilt akan memungkinkan komunikasi antarplatform yang berbeda yang kompatibel dengan ILP, seperti XRP Ledger, Ethereum, Bitcoin (Lightning), Litecoin, Mojaloop dan RippleNet. Dengan kerjasama ini, diharapkan visi Ripple yakni “Internet of Value” dapat terwujud, dengan memungkinkan percepatan aliran uang sebagaimana percepatan aliran informasi yang terjadi saat ini.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback