Safewords, Cara Aman Simpan Paper Wallet

Apakah Anda menyimpan Bitcoin dalam jumlah besar menggunakan paper wallet? Jika ya, maka Anda mungkin membutuhkan produk yang satu ini. Safewords namanya.

Safewords adalah seperangkat alat sederhana yang dapat digunakan untuk mengamankan deretan mnemonic seed (sebaris kata (biasanya 12 atau 24 kata) yang berasosiasi dengan kunci privat alamat Bitcoin). Umumnya, paper wallet didesain dalam selembar kertas tanpa pengaman ekstra. Padahal, banyak celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh penjahat, terutama ketika selembar kertas tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Safewords mampu menjawab kebutuhan akan media penyimpanan murah nan aman dengan meterai sebagai penanda bahwa amplop tersebut tidak pernah dibuka dengan paksa oleh siapapun.

 

Tidak seperti peralatan elektronik pengaman kunci privat lainnya, Safewords menggunakan metode sederhana nan tradisional dalam menjalankan fungsinya. Tiga buah amplop yang masing-masing berisi selembar kartu akan diisi dengan 2/3 seed milik pengguna. Dengan adanya 3 buah amplop, maka untuk me-restore sebuah kunci privat hanya diperlukan 2 dari 3 amplop yang ada. Cara ini berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang melakukan kecurangan tanpa bekerjasama dengan pihak lain. Ketiga buah amplop ini dapat diserahkan kepada 3 pihak, misalnya sepucuk kepada sanak keluarga, sepucuk lainnya kepada pengacara, dan sepucuk sisanya disimpan oleh sang pengguna sendiri. Maka, jika si pengguna mau menghabiskan Bitcoin miliknya, ia harus mengambil sepucuk surat dari sang sanak keluarga yang dititipi atau dari sang pengacara.

Solusi Safewords ini ditawarkan oleh Coinstorage Guru. Saat ini satu set Safewords dijual dengan harga AUD$15, jauh lebih murah ketimbang media penyimpanan berbasis alat elektronik yang bisa mencapai harga US$100. Safewords ini mulai diperkenalkan dalam acara Satoshi’s Vision Conference di Tokyo Jepang, tahun ini.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback