Segwit vs Bitcoin Cash, Siapa Menang?.

Sejak terjadinya fork rantai utama Bitcoin menjadi Bitcoin Cash pada bulan Agustus 2017, persaingan di antara Segwit dan Bitcoin Cash dimulai. Kedua alternatif ini menunjukkan bahwa persoalan skalabilitas Bitcoin dapat diselesaikan melalui berbagai cara.

Peneliti dari Bitmex menemukan bahwa kedua teknologi ini diadopsi dengan baik oleh pasar. Bahkan, jumlah total transaksi Segwit hanya 20% lebih banyak dibandingkan Bitcoin Cash. Hingga saat ini, 6,1 juta transaksi Segwit telah tercatat dalam blockchain Bitcoin, dan selisih jumlah transaksi antara Segwit dan Bitcoin Cash nyatanya tidak setinggi yang dibayangkan sebelumnya. Jika dihitung dari masa peluncuran Segwit yang 1 bulan lebih lambat ketimbang Bitcoin Cash, maka transaksi Segwit lebih banyak 31% dibandingkan Bicoin Cash.

Jika dilihat dari grafik di atas, Segwit mengalami start yang lebih lambat ketimbang Bitcoin Cash. Jumlah adopsi Segwit baru menanjak hingga 30% saat Coinbase memutuskan untuk menggunakan teknologi Segwit dalam layanan yang mereka tawarkan dalam platform mereka.

Hal yang menggembirakan untuk para pendukung Bitcoin adalah bahwa ukuran blok rata-rata telah menurun, bahkan di bawah 0,5 MB, yang merupakan ukuran terkecil sejak 2 tahun yang lalu di mana butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu transaksi terkonfirmasi dalam Bitcoin. Solusi skalabilitas melalui Segwit menunjukkan bahwa saat ini kapasitas yang ada masih belum terpakai dengan optimal, sehingga peningkatan jumlah transaksi Bitcoin masih mampu ditangani oleh Segwit. Bagi para pendukung Bitcoin Cash, mereka masih percaya bahwa jumlah transaksi “blok besar” akan meningkat seiring adopsi mata uang kripto Bitcoin Cash yang semakin meningkat.

Sebagaimana diketahui, Segwit dan Bitcoin Cash mengambil cara yang berbeda dalam meningkatkan kapasitas sistem blockchain. Segwit berusaha untuk meminimalisasi jumlah informasi yang dimasukkan ke dalam blok dengan menyingkirkan sebagian data yang berukuran besar (misalnya tanda tangan elektronik) ke dalam basis data yang terpisah. Dengan demikian, akan tersedia ruang lebih besar bagi transaksi yang lebih banyak. Sementara itu, Bitcoin Cash menawarkan solusi peningkatan kapasitas dengan menambah ruang blok dari awalnya 1MB menjadi 8MB. Dengan penambahan ruang blok ini tentu saja jumlah transaksi yang mampu dikonfirmasi meningkat 8 kali lipat dari kapasitas awal.

Be the first to write a comment.

Your feedback