Setelah ETF Ditolak, Apa Yang Selanjutnya Akan Dilakukan Bitcoin?

Setelah ETF Bitcoin ditolak oleh regulator dari SEC, banyak dari para investor mata uang digital untuk tetap menunggu debut aset ini di Wall Street.

Namun, berapa lamakah Bitcoin ini akan masuk ke Wall Street? Dan apakah Bitcoin ini akan menjadi mainstream di pasaran nanti?

Baca juga: Harga Bitcoin Bisa Naik Jauh Hingga $ 13.000: Faktor & Trend

Sebagai imbas dari keputusan SEC, banyak industri yang menegaskan bahwa penolakan itu seperti sebuah hinaan atau tuduhan. Mereka berpendapat bahwa pasar bitcoin belum  matang, maka produknya itu belum bisa ditawarkan kepada para investor ritel untuk saat ini.

SEC sejatinya merupakan sebuah lembaga yang memastikan bahwa investor harus dilindungi, para pengamat menekankan bahwa investor dan konsumen harus diberi perlindungan dalam ekosistem bitcoin.

“SEC menilai bahwa pasar bitcoin tidak memiliki perlindungan struktural dan kontrol yang diperlukan untuk mendukung produk ETF.”

“Skenario mimpi buruk SEC jika mereka menyetujui ETF Bitcoin, akan terjadi banjir uang dan kemudian akan ada lagi kejadian hack yang sangat besar dimana jutaan Bitcoin akan dicuri atau sesuatu terjadi di salah satu bursa pasar Cina,” Mark T Williams, seorang profesor di sekolah bisnis Boston University dan mantan pemeriksa bank pada Federal Reserve.

Solo Karir

Mengingat rebound cepat pada harga bitcoin menyusul pengumuman ETF pada Jumat kemarin, pertanyaan lain mengenai persetujuan Bitcoin di Wall Street akhirnya akan menjadi peran penting untuk legitimasi bitcoin nantinya.

Mati Greenspan, merupakan seorang analis pasar senior di eToro, menyuarakan sentimen yang sama mengenai pasar bitcoin, yang menyatakan keyakinannya bahwa cryptocurrencies tidak perlu persetujuan SEC untuk mendapatkan legitimasi.

“Meskipun bitcoin volatile saat pengumuman ETF bitcoin dari SEC disiarkan, memantulnya harga Bitcoin ini menunjukkan peningkatan kepercayaan terhadap aset tersebut,” katanya.

Para pengamat percaya bahwa keberhasilan dalam operasi ini bisa berpotensi menjadi jembatan menuju Bitcoin yang lebih baik lagi bagi masyarakat luas.

Setelah ETF Ditolak, Apa Yang Selanjutnya Akan Dilakukan Bitcoin?

Be the first to write a comment.

Your feedback