Setelah MicroStrategy Membeli Bitcoin

Menurut kami, langkah perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, MicroStrategy yang membeli 21.454 Bitcoin pada pekan lalu adalah tonggak sejarah penting dalam dunia teknologi blockchain dan aset kripto. Ya, kami setuju langkah itu akan diikuti oleh perusahaan lain, ketika kesadaran dan literasi terhadap Bitcoin semakin pekat.

Setelah sang CEO perusahaan, Michael J. Saylor mengumumkan itu, harga saham MicroStrategy (MSTR) di Nasdaq langsung melejit tinggi. Tercatat harga saham itu naik hingga 18,6 persen dari US$123 (10 Agustus ) menjadi US$146 (14 Agustus 2020). Capaian terakhir itu bahkan hampir melampaui harga tertinggi dalam 6 bulan, yakni US$149.

Tren harga saham MSTR dalam rentang 6 bulan, mendekati harga tertingginya.

Ini bermakna publik sendiri memandang positif langkah perusahaan untuk merangkul Bitcoin, sehingga percaya diri untuk membeli saham itu, khususnya di tengah-tengah krisis ekonomi global ini.

Kenaikan harga saham MSTR dalam rentang 30 hari.

Menurut sang CEO pada pengumuman itu, investasi mereka di Bitcoin adalah bagian dari strategi alokasi modal baru, yang berupaya memaksimalkan nilai jangka panjang bagi pemegang saham kami.

Dia lebih lanjut mencatat bahwa MicroStrategy telah mengakui Bitcoin sebagai penyimpan nilai yang dapat diandalkan dan aset investasi yang menarik dengan lebih banyak potensi apresiasi jangka panjang daripada menyimpan uang tunai, dan karenanya telah menjadikan Bitcoin sebagai pemegang utama dalam strategi cadangan aset perusahaan.

Masuknya MicroStrategy di Bitcoin selaras dengan keputusan Paul Tudor Jones, Pendiri Investment Corporation. Pada 7 Mei 2020 lalu, ia mendeklarasikan ini: “Saya bertaruh untuk membeli Bitcoin untuk melawan inflasi, yang mungkin datang akibat Bank Sentral AS yang menerbitkan banyak uang lagi ke dalam pasar.”

Pada malam itu juga harga Bitcoin langsung tergenjot naik cepat di atas US$9200, terkoreksi sedikit lalu pada pagi harinya naik ke US$10.000 (Rp150 juta), sebagai level psikologis seperti pada Februari 2020.

Jujur saja, ucapan bos besar itu hanyalah masalah waktu sampai kita melihat lebih banyak perusahaan melangkah serupa. Jadi, ketika pemain yang lebih besar keluar secara terbuka dan menunjukkan dukungannya, itu memberi orang lain kepercayaan diri untuk membeli Bitcoin.

Jadi, gambaran jelas soal masa depan Bitcoin sudahlah tertulis. Akan semakin banyak perusahaan publik seperti akan mengikuti jejak MicroStrategy dan menjadi pendorong permintaan besar berikutnya untuk bagi Bitcoin. [*]

Comments are closed for this post.