SPBU Elektrik Pertama Berbasis IOTA Diluncurkan di Belanda

Pada tanggal 18 April 2018, ElaadNL meluncurkan SPBU elektrik pertama yang menerima pembayaran dalam bentuk IOTA. ElaadNL sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar elektrik pintar.

SPBU elektrik pertama di dunia ini berlokasi di situs tes milik ElaadNL di Arnhem Buiten Energy Business Park

Alisa Maas, kepala mobilitas dari IOTA menyatakan bahwa dengan integrasi IOTA dengan perangkat elektronik menunjukkan bahwa IOTA berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam ekonomi berbasis mesin. Kesuksesan ini mungkin akan membawa inovasi lain dengan menggunakan IOTA dalam bidang lain, terutama dalam hal mesin pintar.

SPBU elektrik ini berjalan dengan mekanisme yang unik. Tidak ada pengawas dalam proses pengisian elektrik, dan pembayaran dilakukan secara otomatis oleh mobil, di mana transaksi machine-to-machine dilakukan dengan menggunakan Tangle, sebuah basis data yang bukan blockchain.

Keuntungan dari struktur Tangle adalah kecepatan tinggi dibandingkan dengan blockchain, sehingga pembayaran mikro dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan murah. Teknologi blockchain dan serupa itu di masa depan akan membantu otomasi mesin, termasuk otomasi pembayaran mikro.

Pembayaran mikro di dalam bitcoin dilakukan dengan menggunakan lightning network karena jeda waktu pembuatan blok baru setiap 10 menit tidak cocok untuk pembuatan transaksi yang banyak dan butuh waktu cepat.

Namun dalam hal pembayaran mikro, tampaknya IOTA mengungguli teknologi blockchain dengan konfirmasi instan karena di dalam Tangle terdapat banyak cabang yang memungkinkan transaksi dilakukan secara paralel atau bersamaan.

Be the first to write a comment.

Your feedback