Surat dari CEO Triv – Gabriel Rey

Surat dari CEO Triv

Hey Trivers !

Saya jarang banget nulis sesuatu kalau tidak dirasa penting banget, in this recent months our team got so many many questions, like “Kenapa staking Triv tidak ada Bitcoin ? “

I’ll dig down dan menjelaskan pentingnya Trivers mengetahui perbedaan lending /earn dan staking as an Investor.

Saya menulis ini sebagai pandangan pribadi saya sebagai seorang Investor kripto yang boleh dibilang cukup kawakan , tentu yang lebih senior dari saya pasti ada, tapi sejak saya main kripto di 2013-2014 an pengalaman kecut manis di dunia kripto ini sangat banyak dan salah satunya mengenai hal ini.


Lending / earn vs Staking , learn the difference !

Yang temen2 Triv harus pahamin , BITCOIN BUKAN PROOF OF STAKE, jadi tidak mungkin bitcoin bisa menghasilkan bunga ,

Jadi pada platform yang MEMBERIKAN BUNGA BITCOIN, platform-platform ini memutarkan bitcoin teman-teman dengan berbagai cara. dan tentunya ini tidak risk-free, bahkan saya bilang ini jauh beresiko daripada staking.

Cause they give you return in bitcoin then they have to earn in Bitcoin as well, yang artinya bitcoin milik kalian tidak berada di cold storage dan diputarkan ke beberapa sumber, biasanya seperti ini :

1. Dipinjamkan lagi ke pihak ke-3

This only works on bear market, karena hedge fund,dll akan meminjam bitcoin untuk melakukan short posisi bitcoin, tapi jika bull market, why would they lend bitcoin?

It doesn’t make sense !

Dan pada umumnya ketika mereka meminjam bitcoin dari ceFi ini mereka harus memberikan jaminan, but in the end. Kita nggak bisa cek apakah seluruh pinjaman ini memiliki jaminan atau tidak, contohnya :

Source : https://www.coindesk.com/business/2020/07/28/what-crypto-lender-celsius-isnt-telling-its-depositors/

2. Farming pada deFi

Cara lain yang dilakuin platform ini adalah memutarkan bitcoin kalian ke deFi dengan cara diswap ke WrappedBitcoin (Bitcoin on ethereum chain) untuk mendapatkan bunga, tentu kegiatan ini resikonya juga besar, sebagai contoh seperti kasus BadgerDAO hack kemarin :

Source : https://blockworks.co/celsius-reportedly-affected-in-exploit-of-defi-protocol-badgerdao/

3. Arbitrage pada Grayscale

Like I said before, bitcoin2 ini harus diputarkan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk bitcoin, dan TIDAK ADA BISNIS TANPA RESIKO. sebagai contoh, blockfi memutarkan dana nasabahnya untuk arbitrase premium Grayscale , dan yang jadi masalah sekarang premium grayscale ini sudah negative . Yang berarti aktifitas investasi ini mengalami kerugian

Source : https://news.bitcoin.com/dropping-gbtc-premium-anonymous-group-claims-blockfi-facing-solvency-issues-due-to-exposure-to-the-btc-trust/

Dan perlu diingat, ketika Trivers meminjamkan bitcoin ini, bitcoin ini tidak disimpan di cold storage dan bisa terjadi resiko kerugian atau kehilangan bitcoin karena aktifitas bisnis lending / earn ini. Lalu siapa yang cover jika terjadi loss terhadap coin2 ini? Karena sekali lagi, TIDAK ADA aktifitas bisnis yang tanpa resiko.


The question is, does this platform have enough fund to cover this?

I don’t think so, karena sebagai contoh Celsius , Blockfi , dll mereka raised dana dari VC Cuma sebesar 30-50jt USD, sedangkan aset yang dimanage adalah lebih dari 1 Milyar USD.

In terms of there is black swan event dimana harga turun secara drastis dan ada default loan, ataupun kerugian pada farming defi dan arbitrage grayscale uang siapa yang akan dipake untuk mengganti dana nasabah?
The problem is platform2 ini UNREGULATED, jadi mereka tidak punya aturan atau larangan muter dananya kemana, dan harus ada cadangan dana berapa seperti Bank, if you guys see, bank punya aturan dimana ketika menyalurkan kredit (muterin dana nasabah) harus bersifat konservatif , and lots lots of thing. Tapi platform2 earn ini berani memutarkan dana nasabah ke deFi, dll yang notabene bener2 risk besar banget.

Salah satu contoh platform lending/earn yang mengalami gagal bayar dari para peminjamnya adalah CRED . (google it guys !)

Source : https://www.coindesk.com/business/2020/11/12/bad-loans-bad-bets-bad-blood-how-crypto-lender-cred-really-went-bankrupt/

That’s why from my personal opinion, I never use this lending/earn on my beloved bitcoin. Ngapain gw risk bitcoin gw cuma untuk return 3-6% ? doesn’t make sense !, setahun aja bitcoin sudah naik diatas itu. (again, this is my personal opinion as a Crypto Investor) , but in the end it’s up to you what to do with your money or bitcoin. Just sharing my point of view !

After we learn lending/earn , let’s start with staking !

In contrast in lending / earn, dana di staking tidak keluar dari cold storage, why? Karena bunga tersebut dari protocol blockchain dan bukan diputar untuk dipinjamkan ke pihak ke 3.

For example, 15% dari semua fee transaksi di blockchain DASH itu diberikan ke masternode staker seperti Triv.

So we remain in control of our funds , sebagai contoh ketika Triv melakukan staking, semua coin ini menggunakan teknologi multi-signature dalam cold storage. Yang artinya untuk hacker mengambil coin ini , dia harus bisa hack Triv dan satu key lagi yang dipegang oleh custodian kami.

Which I think super impossible, how do you hack Triv and Bitgo at the same time? We have different location, different computer, different person and even different key storage. Dan inilah sebabnya pihak asuransi berani menjamin cold storage , karena dana ini tidak diputar kemanapun.

And I think kalau ada platform lending / earn yang brani ngomong dana mereka diasuransikan bitgo,dll ataupun dijamin 100% and bla bla any other marketing word , trust me it’s 100% lie and just a marketing gimmick.

Tidak ada satupun asuransi di muka bumi ini yang mau menjamin kerugian akibat aktifitas bisnis / investasi. If there is , I would love to buy that insurance a lot !

Apa yang mereka asuransikan adalah dana mereka di cold storage, dan bukan dana yang diputar, tapi kalau tidak diputar dananya, gimana dapat bunganya?

That’s really the beauty of staking in contrast to lending/earn that this ceFi offer like Celsius, Blockfi, etc

Dan bahkan saya bilang resiko staking hampir 0 , hanya ada resiko slashing dimana kalau server validator Triv offline ataupun dalam jangka waktu lama ataupun ketika server kami salah melakukan proses signing transaction, maka Triv akan dikenakan penalty oleh protocol blockchain tersebut.

Which I am 100% sure wont happen with our current infrastructure, do you ever see Triv down for hours? Or even 1 hour? And also I have promised that we will cover this slashing if this ever happened. Cause our capital is big enough to cover small incident like this.

Thanks God, Background gw adalah Teknik Informatika, so I really love build something high tech. It’s in my blood, it’s my passion. I’m a nerd 😀

Dan resiko lainnya yang pasti terjadi adalah Trivers tidak bisa menjual coin tersebut selama proses staking, karena aset itu dikunci untuk membantu validasi jaringan.

Jadi in the end, benar-benar terserah Trivers what you want to do with your money or crypto. Gw disini Cuma share pengalaman pribadi gw as a Crypto Investor dan my point of view. Pikir baik-baik gimana profile resiko kalian, If you think it’s ok to risk 4% – 6% gain untuk bitcoin kalian, then go ahead .

That’s the beauty of crypto. Tidak ada yang bisa melarang apa yang kalian lakukan dengan crypto kalian !

note : saya tidak ada maksud untuk menjelekkan siapapun dalam post ini, Blockfi, dll are great companies ! namun saya hanya berbagi pandangan saya mengenai resiko bunga bitcoin ini sebagai seorang Crypto Investor juga.


With much much love ,
Gabriel Rey, CEO Triv.

Comments are closed for this post.