Triv Kini Dukung Alamat Bitcoin bech32

Triv terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru bagi para penggunanya. Kali ini pengguna dapat melakukan penyetoran (deposit) dan penarikan (withdraw) Bitcoin (BTC) mengggunakan alamat (address) Bitcoin “bech32”.

Beberapa bursa kripto di Indonesia belum mendukung fitur ini, padahal banyak sejumlah manfaatnya. Di antaranya adalah format deret karakter yang didukung hanya kombinasi angka dan huruf kecil, tak lagi kombinasi dengan huruf kapital.

Pun penciri utama address-nya adalah dimulai dari karakter “bc1“, misalnya: bc1qar0srrr7xfkvy5l643lydnw9re59gtzzwf5mdq atau bc1qc7slrfxkknqcq2jevvvkdgvrt8080852dfjewde450xdlk4ugp7szw5tk9.

Format alamat Bitcoin selama ini, yang disebut “base 85“, terlalu banyak memakan space pada QR Code dan tidak pula mendukung “alphanumeric“.

Dalam beberapa kasus, format address seperti itu kurang efektif kalau misalnya ditulis secara manual, ataupun diketikkan di kibor di ponsel, bahkan jikalau menggunakan layanan text to voice.

Selain itu, sistem kriptografi SHA-256 pada Bitcoin juga sangat sulit mendeteksi, jikalau terjadi error (galat). Sistem decoding “base85) juga terkenal rumit dan relatif lambat.

Format alamat Bitcoin bech32 berlaku sebagai berikut: terdiri dari 90 karakter, di mana dimulai dari karakter “bc” untuk main net dan karakter “tb” untuk versi test net. Angka 1 (satu) selalu ditempatkan setelah dua karakter itu.

Statistik penggunaan alamat Bitcoin bech32 bisa dilihat di sini:
https://txstats.com/dashboard/db/bech32-statistics?orgId=1

Untuk daftar wallet yang mendukung alamat Bitcoin bech32, bisa dilihat di sini:
https://en.bitcoin.it/wiki/Bech32_adoption

Penjelasan lebih detil soal bech32, bisa dibaca di sini:
https://steemit.com/bitcoin/@ernest22/bitcoin-addresses-and-what-is-bech32-bc1

Be the first to write a comment.

Your feedback