Triv Research: Seluruh Metric Kripto Menurun, Namun Jangka Panjang Kripto Masih Menarik, Saatnya Akumulasi.

Beberapa aktivitas dan metrik menunjukkan kripto memang mengalami penurunan, namun secara tren jangka panjang masih lebih baik dibandingkan bull run pada akhir tahun 2017. Di sisi lain volume perdagangan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2017, karena perusahaan besar turut memainkan peran besar dan terus melakukan akumulasi. Download laporan lengkap dari Triv Research dibawah

Sejumlah Temuan Utama Triv Research

  1. Sentimen Pasar ETH Lebih Tinggi daripada BTC

Jumlah cuitan di Twitter dan tingkat pencarian kripto di Google bisa dijadikan tolok ukur sentimen pasar.

Khusus Bitcoin (BTC) misalnya cuitan turun hampir separuh. Sedangkan untuk Ether (ETH) menunjukkan tren yang masih berangsur naik, dengan adanya antisipasi London Hardfork dan ETH 2.0 sebagai katalis.

Jumlah pencarian kripto menunjukkan tren menurun dibandingkan dengan periode bull run Desember 2017 dan Januari 2018. Angka 100 digunakan sebagai baseline partisipasi retail tertinggi pada periode sebelumnya.

Pencarian pada bull run barusan terjadi kembali dimulai pada awal tahun 2021, ketika gelombang perusahaan mulai mengumumkan pembelian BTC sebagai aset jangka panjang mereka.

ETH memiliki tingkat pencarian yang paling tinggi dengan index 100 pada tahun ini dengan ekspektasi penerapan EIP 1559 yang kian dekat , serta estimasi migrasi ETH 2.0 dari consensus PoW menjadi PoS , membuat institusi dan retail melihat ETH sebagai hard asset.

  1. Transaksi Retail di Coinbase Berlipat Ganda

Coinbase merupakan salah satu indikator pengguna retail terbaik, memiliki jumlah nasabah bulanan yang bertransaksi terbanyak pada kuartal pertama 2021.

Sebelumnya hanya terdapat sekitar 3 juta nasabah per bulan yang bertransaksi pada masa bull run seperti di kuartal 1 tahun 2018.

Namun pada kuartal pertama 2021, jumlah tersebut naik 100 persen menjadi 6 juta nasabah per bulan , dikarenakan terdapat gelombang permintaan baru , baik dari sisi retail maupun institusi. Patut dicatat bahwa MicroStrategy membeli Bitcoin di Coinbase sejak tahun 2020.

  1. Perusahaan Kian Akumulasi Bitcoin

Tercatat sekarang Microstrategy (MSTR) memiliki Bitcoin dengan nilai hampir setara US$3 milyar. Hal tersebut menempatkan MSTR sebagai public company pemegang terbesar, disusul Tesla (TSLA) dengan nilai kurang lebih US$1,5 milyar.

Di sisi lain, 98 persen investor berharap hedge fund mereka berinvestasi dalam aset kripto dalam 5 tahun ke depan. Secara rata-rata, para investor berharap 7,2 persen dari dana yang dikelola hedge fund mereka dialokasikan dalam aset kripto.

Rekomendasi Akumulasi Saat ini

Secara sentimen, beberapa aktivitas dan metrik menunjukkan penurunan, namun secara tren jangka panjang masih lebih baik dibandingkan bull run pada akhir tahun 2017.

Exchange seluruh dunia mengalami peningkatan traffic dan volume perdagangan tertinggi pada kuartal pertama 2021, membuat headline, mendatangkan institusi baru.

Peran institusi dalam mendorong ekosistem aset kripto akan lebih dominan dalam beberapa tahun ke depan , kesempatan yang baik bagi retail untuk melakukan AKUMULASI mulai saat ini. [triv]

Comments are closed for this post.