Valuasi Zilliqa Lampaui 1 Miliar Dolar AS

Hari Sabtu, 5 Mei 2018 lalu menjadi hari bersejarah bagi Zilliqa. Untuk pertama kalinya, mata uang kripto baru ini menembus valuasi pasar di atas 1 miliar dolar AS!

Zilliqa kini menempati posisi 30 besar di dalam daftar Coinmarketcap.com yang mengurutkan mata uang kripto berdasarkan total harga pasar, yakni harga rata-rata per koin dikalikan dengan total suplai koin tersebut di pasaran. Pada hari Sabtu lalu, valuasi Zilliqa melompat dari $993 juta menjadi $1 miliar, dengan harga per koin di level $0,14 dari sebelumnya $0,13.

Kenaikan harga ini membuat valuasi Zilliqa meningkat $100 juta hanya dalam waktu 8 jam saja.

Salah satu fokus utama teknologi yang dikembangkan Zilliqa adalah sharding, yakni mekanisme untuk membagi beban kerja ke berbagai server, sehingga sistem akan mendapatkan performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan komputer tunggal menjalankan seluruh fungsi.

Persoalan kurangnya sumber daya komputasi ini dialami oleh Ethereum. Meskipun menjadi mata uang kripto yang paling diminati karena memiliki fitur smart contract, Ethereum sendiri sangatlah lambat dan mahal dalam hal komputasi. Hal inilah yang akan coba diatasi oleh Zilliqa.

Harga Zilliqa sendiri telah mengalami peningkatan yang amat signifikan, sebesar 223 persen sejak bulan Maret tahun ini.

Zilliqa yang berbasis di Singapura ini mengklaim bahwa sistem yang mereka desain mampu menangani hingga 2000 transaksi per detik, jauh meninggalkan kapasitas Ethereum yang hanya 15 transaksi per detik, ataupun Bitcoin yang hanya 7 transaksi per detik. Namun demikian, masih diperlukan optimasi lebih lanjut untuk menyaingi sistem milik Visa yang berkapasitas puluhan ribu transaksi per detik.

Be the first to write a comment.

Your feedback