Waspada Website Phishing Mirip Bittrex!

Dalam kebanyakan kasus, penipuan semacam ini melibatkan situs web bursa pertukaran atau dompet palsu. Pengguna sering dihubungi melalui email, yang seringkali bisa dibilang sukses. Ini adalah masalah besar yang perlu diatasi.

Penjahat tahu pengguna pertukaran sering menggunakan keamanan akun yang kurang. Yang mereka butuhkan hanya login dan password untuk menguras saldo akun para pengguna dengan mudahnya. Dalam kasus Bittrex, hal ini menjadi jauh lebih sulit. Dalam sebuah update baru, perusahaan Bittrex tersebut memperkenalkan 2FA yang berbasis email dan wajib untuk semua pengguna saat log in. Langkah maju yang bagus saya rasa, terutama mengingat meningkatnya jumlah penipuan phishing yang kini tengah beredar.

Hasil pencarian teratas untuk Bittrex di Google mengenai masalah penipuan phishing. Ini adalah salah satu iklan sponsor yang muncul selama pencarian Bittrex kebanyakan orang. Nama domain yang dimaksud adalah bittrex.ltd. Domain tersebut juga menggunakan deskripsi palsu yang membuatnya terlihat agak sah. Kita harus berhati-hati saat Googling untuk alamat situs web saat memasukkannya secara manual. Tidak sulit sih mengingat nama domain Bittrex.com. Meski begitu, pengguna pemula sering tidak tau apapun dengan konsep ini, yang membuat mereka rawan dan menjadi sasaran empuk para penipu phishing semacam itu.

Situs Bittrex palsu ini terlihat seperti salinan aslinya. Namun, jika dilihat lebih dekat lagi pada address bar Bilttrex.com merupakan domain yang palsu buka domain aslinya yaitu Bittrex.com. Domain ini terdaftar sekitar dua minggu yang lalu. Nampaknya iklan bursa exchange palsu tersebut juga tidak lagi muncul saat ini, yang menunjukkan bahwa Google melakukan tindakan perlawanan terhadap kasus penipuan ini.

Belum cukup disini saja, kita mungkin akan melihat lebih banyak situs phishing seperti ini di masa depan nanti. Cybercriminals tahu pengguna menyimpan banyak uang di dompet bursa. Mengaktifkan 2FA di akun Anda merupakan langkah awal yang jelas dana man untuk mengamankan dana Anda. Tidak menyimpan dana di dompet pertukaran merupakan strategi yang lebih baik. Ada puluhan solusi dompet mobile, desktop dan bahkan hardware di luar sana. Menjaga agar dana Anda aman harus menjadi prioritas nomor satu bagi setiap pengguna kriptocurrency. Jika tidak, upaya phishing seperti ini akan tetap berhasil dan merajalela.

Be the first to write a comment.

Your feedback