Waspadalah! Bitcoin Dekati 8.800 Dolar

Setelah 16 hari lamanya Bitcoin tertekan dari 9 ribu dolar (31 Mei) ke 7.600 dolar (7 dan 10 Juni), hari ini Bitcoin kembali menunjukkan taringnya di 8.600 dolar. Secara fundamental kenaikan itu kemungkinan besar didorong oleh pengumuman Bakkt yang akan mengujicoba perdagangan Bitcoin Berjangka pada 22 Juli 2019 nanti. Tapi, harga psikologis 8.800 dolar patut diwaspadai.

Bakkt adalah perusahaan yang berafiliasi dengan ICE, perusahaan yang mengedalikan Bursa Saham New York. Pendirian Bakkt yang juga ditopang oleh Pantera Capital itu memang secara khusus memperdagangkan produk Bitcoin berjangka seperti yang dilakukan oleh Chicago Merchantile Exchanges (CME) sejak tahun 2017. Sebagai informasi, volume perdagangan Bitcoin Berjangka di CME juga meningkat sejak April-Mei 2019. Kenaikan itu merupakan tertinggi baru sejak Desember 2018. Artinya permintaan sangat besar dari kalangan institusi.

Secara teknikal, konfirmasi sinyal support kuat sudah terlihat sejak 11 Juni lalu, ketika Bitcoin enggan kembali ke 7.600 dolar, melainkan “hepi” di 7.805 dolar. Sejak itu Bitcoin terus melakukan reli dan akhirnya melonjak terus, mencoba merefleksikan harga awal Juni lalu. Maka, terhitung sejak 10 Juni hingga hari ini, Bitcoin menguat sangat pantas sebesar 13 persen!

 

Terlebih-lebih Golden Cross sudah terbentuk pada 13 dan 14 Juni lalu yang mencerminkan sentimen positif oleh pasar.

Secara teknikal di periode 5 menit, garis MA200 masih berada di bawah MA30 dan MA50 dengan gap yang cukup jauh. Ini masih menandakan support (tahanan bawah) yang sangat kuat menopang harga.

Fib Retracement menunjukkan harga masih berada di ambang level 0,236 (8.590 dolar), setelah menyentuh resistance 8.678 dolar pada malam tadi. Ketika artikel ini ditulis, terlihat harga sedang berlangsung sideway sejak tengah malam tadi. Kondisi seperti ini patut diwaspadai, karena rentan terjadi aksi jual lebih tinggi lagi, akibat akumulasi sejak 11 Juni lalu. Tetapi, harga belum menembus support level 0,382, yakni 8.543 dolar.

Pun demikian, mengingat sudah mendekati harga psikologis, yakni 8.800, akumulasi bisa saja bertambah. Artinya sideway seperti ini kemungkinan besar adalah wujud retest ke arah itu. Nah, yang penting diwaspadai adalah harga psikologis seperti itu adalah kecenderungan terjadinya aksi jual cukup besar. Jikalau resisten itu tertembus, maka bisa dipastikan Bitcoin melejit lebih tinggi lagi, setidaknya kembali lagi ke 9 ribu dolar.  [*]

 

Be the first to write a comment.

Your feedback