Yahoo Jepang Konfirmasi Akuisisi Saham BitArg

Yahoo Jepang akhirnya mengkonfirmasi rencananya untuk mengakuisisi saham minoritas BitArg. BitArg merupakan operator perdagangan mata uang kripto yang berbasis di Jepang.

BitArg sendiri telah mengantongi izin dari FSA (Financial Services Agency) Jepang, yang kini menjadi hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan yang berbisnis di bidang mata uang kripto.

Kewajiban memperoleh izin ini dikeluarkan setelah peristiwa hacking yang menimpa perusahaan perdagangan mata uang kripto Coincheck pada awal tahun ini, yang menyebabkan perusahaan tersebut kehilangan USD500juta dalam bentuk mata uang kripto NEM.

Yahoo Jepang yang dahulu dibentuk atas kolaborasi perusahaan internet Yahoo dan perusahaan asal Jepang Softbank telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengakuisisi sebanyak 40% saham BitArg. Nilai akuisisi sendiri tidak diungkapkan, namun disinyalir mencapai 2 hingga 3 miliar Yen (sekitar US$18-27juta). Rencana akuisisi saham BitArg ini telah disampaikan kepada FSA dan tampaknya tidak akan menjadi masalah.

Dengan akuisisi saham BitArg, tampaknya Yahoo Jepang akan masuk ke dalam industri mata uang kripto tanpa harus mengurus izin terlebih dahulu. Hal ini akan memuluskan jalan mereka dalam mempersiapkan platform perdagangan mata uang kripto baru yang direncanakan untuk diluncurkan pada akhir tahun 2018.

Akuisisi ini sepertinya akan dilakukan Yahoo Jepang melalui anak perusahaannya yang juga bergerak di bidang pertukaran mata uang, YJFX.

Berita lain tentang akuisisi menyebutkan bahwa perusahaan Monex telah siap mengucurkan dana sebesar US$33,5juta untuk membeli Coincheck. Dengan rencana akuisisi ini, saham Monex melesat tajam hingga naik 20%.

Be the first to write a comment.

Your feedback