5 Cara untuk Meningkatkan Engagement Pelanggan di Website Anda

Untuk mengkampanyekan sebuah konten agar lebih sukses, keterlibatan pengguna merupakan kunci utama dan sama pentingnya dengan visibilitas di search engine. Tidak hanya meningkatkan kesadaran merek Anda, hal itu juga membantu untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

Ketika calon pelanggan sedang mengunjungi situs Anda, Anda memiliki maksimal 8 detik untuk mengesankan/menarik simpati pelanggan sebelum ia meninggalkan website Anda. Dalam jangka waktu yang terbatas ini, Anda harus meyakinkan mereka bahwa layanan Anda memang sangat berguna bagi mereka. Jika pelanggan mulai meninggalkan website Anda dalam durasi waktu yang singkat, hal itu akan meningkatkan tingkat bouncing dan menurunkan posisi Anda di Google SERPs.

Baca juga: Apel Menyetujui Lisk, Digicash, Steemit Untuk Dimasukkan Pada Dompet iOS App Store

Menurut laporan dari Intercom, kesan pertama yang Anda buat pada pelanggan merupakan satu-satunya peluang Anda.

Oleh karena itu, untuk menetapkan diri sebagai otoritas di bisnis niche Anda dan menikmati hal ini, sangat penting bahwa Anda harus terlibat dengan pelanggan Anda setelah Anda mengikuti langkah-langkah SEO yang tepat dan kampanye pemasaran untuk membawa pelanggan baru ke website Anda. Meskipun ada banyak metode subjektif yang para ahli sarankan untuk Anda seperti membuat konten yang berbeda dan sangat baik atau merancang sebuah pengalaman mendalam bagi pelanggan. Saya mempunyai lima metode untuk kegiatan kampanye pemasaran konten Anda yang dapat memberikan hasil yang sangat mengesankan.

Tawarkan sebuah hadiah untuk para pengguna ketika mereka terlibat dengan Anda:

Semua orang pasti suka freebie dan pengguna tidak akan merasa keberatan untuk berusaha lebih keras dalam mendapatkan e-book secara gratis atau percobaan trial 30-hari dari fasilitas berlangganan yang Anda tawarkan. Anda harus menunjukkan kepada para pengguna bahwa Anda menghargai keterlibatan mereka di website Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sederhana juga seperti menempatkan sebuah tingkatan atau level bagi mereka karena mereka terlibat dalam kegiatan seperti komentar, thread diskusi, forum kuesioner, pemasangan aplikasi dll atau upaya pemujian untuk salah satu pengguna yang berdedikasi dalam posting blog Anda. Demikian pula, ada metode yang lebih kompleks seperti menyediakan barang secara gratis.

Kebanyakan metode bisnis dan pemasar tidak menyadari bahwa dengan memberikan insentif pada bagian awal mereka dari saluran penjualan, mereka dapat mencapai loyalitas yang lebih. Menurut sebuah laporan, dengan menawarkan sesuatu yang kecil atau minor secara gratis, pengguna akan terdorong untuk memanjakan diri lebih lama lagi. Hal ini semakin mendorong pembaca lainnya untuk terlibat di website Anda. Jadi kenapa tidak Anda coba metode yang satu ini dan jangan ragu untuk menawarkan sesuatu secara gratis untuk para pengikut setia Anda.

Live Chat:

Live Chat merupakan metode yang sangat kuat dan hemat biaya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna di situs web Anda dan memberikan mereka layanan pribadi. Hal ini merupakan salah satu alat untuk mencegah pelanggan untuk meninggalkan dan menutup situs web Anda ketika mereka merasa bingung tentang layanan Anda. Daripada menunggu untuk melakukan pembicaraan lewat layanan customer service Anda dalam sebuah telephone, kebanyakan dari para pelanggan lebih suka berbicara melalui live chat.

Faktanya, live chat memiliki tingkat tertinggi sebagai customer satisfaction dengan 73% jika dibandingkan dengan 61% untuk email dan 44% untuk ponsel. Mungkin fitur terbaik dari live chat adalah kemampuannya untuk mengumpulkan data konsumen mengenai masalah pelanggan. Anda dapat menggunakan data ini untuk memberikan mereka layanan yang lebih baik di kemudian hari atau menargetkan dalam sebuah kampanye pemasaran Anda.

Data yang dapat Anda kumpulkan juga sangat bervariasi sesuai dengan layanan yang Anda berikan, termasuk set data yang pada umumnya termasuk demografi, preferensi dan kepentingan. Setelah mengintegrasikan data ini secara tepat dengan CRM Anda, Anda dapat memberikan sebuah penawaran dan layanan personal kepada pelanggan Anda berdasarkan geolocation dan zona waktu.

Selanjutnya, ada juga sebuah aplikasi live chat yang memungkinkan Anda untuk melacak aktivitas pengguna dari titik di mana ia memasuki corong atau meninggalkannya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi langkah-langkah dengan tingkat konversi rendah dan tinggi dan tingkat keterlibatan dan sesuai modifikasi saluran Anda. Chat apps juga sangat membantu Anda untuk mengidentifikasi para pengguna baru dan yang kembali lagi, yang memungkinkan Anda untuk mengakses riwayat pembelian mereka secara langsung dan memberikan pelayanan yang cepat bagi mereka.

Plugin Media sosial:

Tombol share media sosial di situs Web Anda tidak hanya melibatkan pelanggan Anda, tetapi juga memanfaatkan jaringan mereka sendiri untuk meningkatkan lalu lintas situs Web Anda. Anda dapat meminta pelanggan untuk menyukai halaman Anda dan mengikuti Anda di media sosial atau untuk berbagi konten pada platform yang berbeda seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, Pinterest dll.

Untuk memastikan bahwa pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda pada platform media sosial, Anda harus memiliki strategi pemasaran konten yang solid. Konten harus relevan dan harus secara personal dengan pelanggan dan kebutuhan mereka. Berdasarkan pada bisnis Anda dan layanan yang Anda berikan, Anda harus muncul dengan perpaduan sempurna dari visual dan konten tertulis. Ingat bahwa visual yang menarik dan mudah diserap, seperti halnya dengan infografis, namun dapat mengacaukan halaman web Anda dengan gambar dan media yang membuat halaman lebih lambat untuk memuat dan sulit untuk menavigasi.

Selanjutnya, berbagi di media sosial dan plugin juga dapat meningkatkan pertumbuhan media sosial Anda. Memicu para pelanggan untuk memanjakan diri dengan produk Anda ketika Anda didukung oleh beberapa media sosial yang baik. Selain itu, meningkatkan peringkat halaman Anda pada Google akan memberikan preferensi posting yang telah dibagikan dengan jumlah yang berkali lipat pada platform media sosial Anda.

Gunakan survei untuk memahami motif pelanggan:

Jajakan pendapat dan survei merupakan ukuran yang baik untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan serta retensi.

Untuk melakukan hal ini Anda tidak perlu mengirimkan sebuah email secara personal ke masing-masing pelanggan Anda karena hal ini akan memiliki tingkat respons yang relatif lebih sedikit. Anda hanya perlu untuk menyertakan sebuah jajakan/poll pendapat generik di tengah-tengah halaman web Anda atau di samping atau membungkusnya sebagai pop-up. Anda dapat meminta pengguna untuk memberikan keterangan mengenai motif mereka untuk mengunjungi halaman web Anda dan jika mereka merespon, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menganalisis efisiensi dari sumber lalu lintas Anda.

Pastikan juga untuk menyertakan beberapa pilihan dengan kotak check-in sehingga pengguna hanya dapat memilih beberapa opsi yang mereka pikir adalah yang terbaik. Jika Anda telah memasukkan bagian komentar, buatlah juga sebuah opsi sehingga pengguna yang tertarik dapat mengisi umpan balik mereka dan orang-orang yang tidak ingin berkomentar dapat melewati bagian itu.

Thread Diskusi/Komentar:

Anda pasti sudah sering mendengar Konten ini kan? Dengan menerapkan konten interaktif ini Anda dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda dan meningkatkan kesadaran merek Anda. Menurut sebuah laporan Demand Metric, 45% dari pelanggan telah melaporkan bahwa konten Interaktif ini sangat efektif dalam mendidik pelanggan dan dengan demikian, meningkatkan keterlibatan para pelanggan.

Ada banyak cara untuk membuat pelanggan Anda ikut berinteraksi dengan Anda. Berikan sedikit bumbu pada konten Anda dan mintalah para pembaca untuk memberikan pendapat mereka. Demikian pula, Anda dapat membuat thread diskusi dan forum, di mana pengguna dapat mendiskusikan layanan Anda. Hal ini juga membantu Anda dalam mengidentifikasi isu-isu yang dihadapi oleh para pelanggan jika Anda mempunyai forum sebagai sarana penyaluran ide dari para pelanggan secara bebas untuk mengekspresikan pendapat mereka dalam sebuah forum di mana Anda dapat meminta umpan balik mereka. Selanjutnya, bagian komentar juga sangat aktif untuk meningkatkan peringkat di SERPs.

5 Cara untuk Meningkatkan Engagement Pelanggan di Website Anda

Be the first to write a comment.

Your feedback