Banyak Major Ritel di Jepang Yang Kini Mulai Mengadopsi Pembayaran Bitcoin

Di awal April 2017 ini, Bitcoin telah memperoleh status hukum yang sah sebagai mata uang di negara Jepang. Revolusi cryptocurrency menjadi sebuah badai di negara ini, gerai ritel di Jepang mulai bergerak untuk memanfaatkan teknologi dan pergeseran ekonomi ini dengan memasukkan Bitcoin sebagai pilihan tambahan dalam sistem pembayaran.

Baca juga: Gejolak Altcoin Mempengarui Crypto Market Cap Yang Kini Sudah Menyentuh New All-Time High

Menurut sebuah laporan salah satu media bisnis di Jepang, dua kelompok ritel terbesar di Jepang – Bic Camera dan Recruit Lifestyle telah mulai mengeksplorasi Bitcoin sebagai pilihan pembayaran. Para pemain ini telah bermitra dengan platform cryptocurrency populer di wilayahnya untuk mengaktifkan opsi pembayaran mata uang digital bagi para pelanggan mereka.

Bic Camera telah menandatangani kerjasamanya dengan bitFlyer untuk memulai melakukan uji coba opsi pembayaran Bitcoin. Dilaporkan bahwa percobaan ini hanya terbatas pada dua outlet – perusahaan flagship store di distrik Tokyo Yurakucho dan gerai hybrid Bicqlo Bic Camera di Shinjuku.

Demikian pula, Rekrut Lifestyle – perusahaan yang menawarkan aplikasi-solusi yang berbasis penjualan untuk bisnis di negara ini telah bergabung dengan Coincheck untuk memberikan opsi pembayaran Bitcoin ke aplikasi AirRegi PoSnya. Dimasukkannya kripto-pembayaran AirRegi akan memungkinkan lebih dari 260.000 outlet di seluruh negeri ini untuk mulai menerima pembayaran Bitcoin. Setiap kali pelanggan melakukan pembayaran bitcoin dengan aplikasi AirRegi PoS, Coincheck akan memproses pembayaran dan pengecer/retailer pun akan menerima pembayarannya dalam bentuk yen.

Pendekatan proaktif yang dilakukan oleh Bic Camera dan Recruit Lifestyle membuat pilihan pembayaran Bitcoin setara dengan pilihan pembayaran elektronik lainnya yang saat ini tersedia di negara Jepang. Sebelumnya, Bitcoin diterima oleh lebih dari 4500 toko di Jepang sementara lebih dari 700.000 outlet telah aktif menggunakan model pembayaran digital lainnya.

Dengan perkembangan yang seperti ini, Jepang siap sebagai salah satu pasar cryptocurrency terkemuka. Apakah ini adalah awal dari perkembangan Bitcoin? Dan apakah Asia khususnya Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam mendorong perkembagan Bitcoin di dunia.

Sumber: Nikkei Asian Review

Banyak Major Ritel di Jepang Yang Kini Mulai Mengadopsi Pembayaran Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback