Bitcoin Mengalami Koreksi, Menurun Hingga Di Bawah 10 Jutaan

Beberapa minggu ini Bitcoin benar-benar stabil, namun kini ntah mengapa harga Bitcoin turun hingga mencapai 10 jutaan hari ini.

Mungkin pengaruh jatuhnya harga Bitcoin ini dimulai dari masuknya jam perdagangan sesi pagi di zona Eropa yang jatuh hingga 10%.

Bitcoin, harganya telah melonjak akibat dari peristiwa dunia seperti Brexit, hasil pemilu AS, demonetization di negara-negara dunia seperti India dll di tahun 2016 lalu, dan mencapai puncak harga pada 16 juta pada awal tahun 2017 ini.

Baca juga: Bitcoin Bukan Sekadar Aman Dan Nyaman, Namun Juga Sebagai Mata Uang Yang Sehat

Ada beberapa kesepakatan umum dalam komunitas Bitcoin bahwa perdagangan yang panik sebagai akibat dari devaluasi Yuan pada akhir 2016 yang mendorong harga Bitcoin melambung tinggi dan terlalu cepat. Banyak para ahli yang berpendapat bahwa harga bitcoin melambung karena ulah para investor Cina, yang dilaporkan telah menggunakan bitcoin untuk menghindari kontrol modal yang ketat di China.

Beberapa juga percaya bahwa harga bitcoin didorong oleh para spekulan dan akan mengalami koreksi dan stabil pada harga 10 juta hingga 13 juta.

Harga Bitcoin kini telah mengalami penurunan sejak Bank Rakyat China mengeluarkan pernyataan baru mengenai penggunaan Bitcoin dalam negeri. Siaran pers yang dikeluarkan oleh PBOC menyebabkan banyak kepanikan dan menyebabkan harga Bitcoin menurun secara serius di pasar Cina.

Vinny Lingham, CEO Civic, juga percaya peningkatan penelusuran Google Trend dalam pencarian Bitcoin merupakan tanda “kekhawatiran,” dan bisa menjadi “gelembung baru.

Hal ini menyebabkan masalah-masalah seperti profit taking jangka pendek, seperti yang terlihat setelah harga Bitcoin ditutup di level  16 jutaan. Sama seperti level yang dicapai pada tahun 2013 lalu sebelum bursa pertukaran Mt. GOX bangkrut yang terbukti menjadi penghalang psikologis.

Kesimpulannya, kenaikan harga Bitcoin itu bisa saja terjadi dan terus berlanjut namun hanya jika hal itu terjadi dengan tetap menjaga volatilitas yang rendah dan pertumbuhan yang stabil, seperti yang ditunjukkan oleh Vinny Lingham dalam postingannya.

“Jika kita melihat harga Bitcoin naik terlalu cepat hingga $ 4.000 + sebelum akhir tahun, maka saya yakin kita akan melihat kecelakaan yang menyertainya, dan kemudian kita kembali ke titik awal lagi.”

Bitcoin Mengalami Koreksi, Menurun Hingga Di Bawah 10 Jutaan

Be the first to write a comment.

Your feedback