Mengapa Pembesaran Ukuran Block Terdengar Tidak Baik Untuk Scaling Bitcoin

Perdebatan mengenai ukuran blok, menjadi salah satu tantangan panjang bagi komunitas teknologi bitcoin.

Diskusi panjang ini sudah berjalan beberapa tahun mengenai bagaimana cara terbaik untuk memperbesar skala yang akan berfungsi ke $ 15 milyar jaringan ekonomi, perdebatan ini sebagian besar telah disertai dengan pertemuan antara mereka yang akan meningkatkan ukuran blok 1MB melalui peningkatan efisiensi yang disebut dengan SegWit, dan beberapa orang garis keras yang ingin mengubah ukuran batas blok menjadi 2MB atau lebih.

Baca juga: $ 25.000, Target Harga Bitcoin Selanjutnya

Anda akan mendapati bahwa, sejauh ini, tidak ada pihak yang telah menyerukan penurunan ukuran blok.

Namun pandangan itu sama persis seperti yang diwakili dalam Proposal Bitcoin Improvement (BIP) yang diserahkan ke bitcoin-dev mailing list oleh para pengembang Bitcoin Core Luke Dashjr, dalam pesan yang bertajuk “Tiga hardfork yang terkait BIP“.

Secara khusus, usulan Dashjr ini menyarankan akan adanya pengurangan ukuran blok untuk sementara waktu menjadi 300KB (tergantung pada tanggal BIP ini diaktifkan), namun disamping itu juga perlahan-lahan meningkat per tahunnya ke batas 31MB di tahun 2045 nanti.

Penentuan waktu pada proposal ini, dirilis pada tanggal 27 Januari, yang muncul dalam beberapa hari setelah peningkatan besar yang terjadi pada backlog transaksi karena transaksi yang belum dikonfirmasi terjadi lonjakan lebih dari 60.000 transaksi sebelum kembali ke tingkat yang lebih rendah.

Dalam proposal yang lebih rinci, Dashjr mengutip jumlah ruang disk yang dituntut oleh blockchain -saat ini sekitar 100GB – sebagai disinsentif yang signifikan bagi siapa pun yang ingin menjalankan sebuah node, hardware yang menyimpan sejarah buku secara penuh.

Pernyataan ini tidaklah mengherankan karena kelangsungan hidup jaringan node bitcoin telah muncul sebagai salah satu bola politik yang menonjol dalam perdebatan.

Tanpa jaringan node yang hidup, pengembang merasa takut akan pengoperasian buku besar bitcoin akan jatuh ke tangan dari salah satu operator besar, sehingga mengalahkan tujuan dari jaringan pembayaran desentralisasi.

Penerimaan

Meskipun isu pengurangan ini tengah diusulkan, hal apa sih yang telah mengumpulkan banyak perhatian besar, proposal ini sebenarnya panggilan untuk peningkatan ukuran blok tahunan sebesar 17% per tahun, yang dimaksudkan untuk mengimbangi laju pertumbuhan bandwidth yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Namun kritik dari diskusi ini telah menyarankan bahwa angka ini terlalu konservatif, dan bahwa hal itu tidak memperhitungkan laju non-linear dari perubahan teknologi – terutama ketika diproyeksikan ke masa depan.

Secara umum, proposal ini telah mendapatkan sedikit dukungan dari masyarakat luas.

Penurunan ukuran blok ini mungkin belum menjadi titik pertikaian. Namun dari usulan Dashjr ini membutuhkan sebuah hard fork, salah satu cara untuk meng-upgrade blockchain yang dapat memecah jaringan jika tidak semua peserta setuju akan hal ini. (Bahkan definisi ini, tampaknya, masih diperdebatkan).

Menurut Johnson Lau Bitcoin Core contributor yang merespon hal tersebut berpendapat bahwa baik peningkatan ukuran blok atau penurunan, “Bagi saya, kedua pendekatan ini hanya menunjukkan kurangnya kreativitas, dan kurangnya tanggung jawab,” katanya.

Lebih lanjutnya ia mengungkapkan pandangan umum bahwa hard fork akan terlalu berbahaya untuk situasi saat ini, menambahkan:

“1MB di sini, tidak peduli Anda suka atau tidak, itu konsensus saat ini. Setiap upaya untuk mengubah batas ini (naik atau turun) itu ya kita harus memerlukan sebuah konsensus yang luas dari seluruh masyarakat komunitas, yang akan sangat sulit.”

Beberapa Dukungan

Membahas proposal serta respon dari masyarakat, Dashjr mengutip sebuah jajak pendapat di Twitter yang menunjukkan dukungan sebanyak 20% untuk penurunan ukuran blok – jauh dari mayoritas, namun perlu dipertimbangkan secara serius.

Namun, ia juga menunjukkan beberapa tantangan jika usulannya akan dijalankan dengan memodifikasi jaringan pada supermajority hashing power yang harus menerima mereka.

Mengingat respon masyarakat, Dashjr mengatakan bahwa ia tidak berniat untuk mengembangkan rancangan BIP secara lebih lanjut pada saat ini.

Jika memang ada 20% dukungan untuk pengurangan ukuran blok, beberapa ide Dashjr ini mungkin masih akan muncul kembali melalui saluran lain di masa depan nanti.

Gambar: Small portion

Mengapa Pembesaran Ukuran Block Terdengar Tidak Baik Untuk Scaling Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback