Setelah Diindikasi Gagal Dengan SegWit Pengembang Bitcoin Core Sekarang Mengerjakan Proposal Baru Mengenai Hardfork 2 MB

Mengatasi masalah ukuran blok Bitcoin telah menjadi prioritas utama bagi pengembang selama beberapa bulan terakhir ini. Beberapa solusi telah diusulkan, pengembang Bitcoin core kini telah mulai mengembangkan solusi ketiga yang akan menggeser ukuran blok ke 2MB.

Baca juga: Menggali Cara Baru Dalam Menggunakan Bitcoin: Apa yang bisa Anda lakukan?

Meskipun Segregated Witness belum ditolak oleh masyarakat penambang untuk saat ini, kini Bitcoin core telah mempertimbangkan alternatif lain. Pengembang Bitcoin core mengakui perlunya rencana (plan B) jika rencana A tidak membuahkan hasil. Meningkatkan ukuran blok adalah hal yang mutlak dan harus dilakukan, namun masih belum jelas bagaimana Bitcoin akan sampai di sana pada akhirnya.

Sementara solusi lain dari Bitcoin Unlimited masih dipertimbangkan, ada pemain ketiga yang muncul dengan segera. Atau lebih tepatnya, pengembang Bitcoin core telah muncul dengan solusi lain untuk masalah ini. Usulan hardfork yang baru dari mereka yang akan menggandakan ukuran blok, tanpa memerlukan perubahan besar oleh penyedia layanan. Solusi ini telah dikembangkan secara aktif selama hampir setahun penuh pada tahun ini.

Perlu diingat usulan baru ini masih jauh dari kata selesai dan masih membutuhkan beberapa polesan. Bahkan, solusi itu masih belum sepenuhnya dikembangkan dengan baik, meskipun versi awalnya berjalan pada testnet yang terpisah. Ada baiknya untuk melihat pengembang mengakui bahwa, sementara ini SegWit memiliki dukungan yang signifikan, yang mungkin pada akhirnya juga akan gagal untuk aktif di jaringan.

Pada akhirnya, ukuran blok Bitcoin juga perlu disesuaikan dalam satu atau cara yang lain. Untuk skala Bitcoin, blok yang lebih besar adalah satu-satunya opsi yang valid sebagai solusi masalah sekarang. Peningkatan ke 2 MB akan menjadi awal yang baik, dan semakin cepat, semakin baik. Memiliki beberapa pilihan yang tersedia adalah tindakan terbaik untuk sekarang.

Pada saat yang sama, solusi ini masih harus diperhatikan ketika proposal hardfork yang baru siap untuk diterapkan. Selain itu, usulan yang baru ini tidak akan mengurangi tingkat keberhasilan untuk SegWit, karena kedua solusi dapat saling melengkapi satu sama lain.

Setelah Diindikasi Gagal Dengan SegWit Pengembang Bitcoin Core Sekarang Mengerjakan Proposal Baru Mengenai Hardfork 2 MB

Be the first to write a comment.

Your feedback