Teechan Bisa Menjadi Solusi Yang Potensial Bagi Skalabilitas Bitcoin

Perdebatan skalabilitas Bitcoin sudah berlangsung lama. Komunitas pengembang terbagi menjadi hardfork dan softfork dan kedua pendekatan ini sedang didukung oleh beberapa nama yang menonjol dalam ekosistem. Komunitas masih terus berjuang untuk mencapai konsensus yang sah, dan kini sebuah solusi skalabilitas Bitcoin yang baru dalam bentuk Teechan telah muncul.

Baca juga: Harga Bitcoin Mengalami Peningkatan Dalam Semalam

Teechan merupakan kreasi pengembang dari Imperial College London dan Universitas Cornell, yang dipimpin oleh profesor Emin Gun Sirer. Teechan menawarkan metode untuk mengatasi masalah skala jaringan Bitcoin dengan hardware secara aman. Muncul dengan laporan, bahwa perangkat keras itu dapat meningkatkan kemampuan jaringan cryptocurrency tanpa memerlukan modifikasi kode Bitcoin Core.

Teechan merupakan skala alternatif off-chain yang berbagi beberapa kesamaan dengan Lightning Network. Ini adalah, throughput yang tinggi, latency rendah pada protokol transaksi yang praktis off-chain yang memanfaatkan trusted execution environments (TEE) seperti yang ditawarkan oleh Intel dalam bentuk Software Guard Extension.

Para pengembang mengklaim bahwa solusi baru yang efisien dapat bekerja melalui kelenturan transaksi yang tetap menjaga throughput yang di hadapan latency jaringan. Tim pengembangan Teechan juga menjamin teknologi bisa lebih efisien dengan memungkinkan saluran terbatas reuse, persyaratan tidak lebih dari dua entri transaksi pada blockchain per channel dan throughput potensi 2.480 transaksi per detik per channelnya.

Fitur keamanan seperti yang ada pada Intel Software Guard Extension memiliki program aman yang isinya akan dienkripsi ketika mereka off-chip dan hanya dapat diakses on-chip ketika program ini berjalan. Kode dekripsi untuk isi program ini juga terhubung ke hash tertentu dan setiap perubahan yang dibuat untuk hash akan mengakses dan membuat kunci dekripsi yang tidak dapat diakses.

Mekanisme pengesahan dari Software Guard Extension sangat terperinci dan berguna untuk menangani transaksi di Teechan. Hash hardware dapat digunakan sebagai mekanisme dalam Memverifikasi transaksi dari kedua belah pihak untuk melakukan transaksi bitcoin dan menjalankan hash yang terdaftar pada blockchain, mereka dapat terus membuat transaksi satu sama lain tanpa keterlibatan lebih lanjut dari jaringan Bitcoin.

Konsep Teechan nampak begitu menjanjikan pada saat ini, kemungkinan besar solusi ini akan diterapkan dalam waktu dekat.

Sumber: Cornell

Teechan Bisa Menjadi Solusi Yang Potensial Bagi Skalabilitas Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback