Apa Itu Dividen? Ini Perusahaan Dengan Dividen Paling Besar

Apa Itu Dividen Saham? Baca Ini Biar Paham

Apa itu dividen? Dividen sering kali terdengar jika anda mulai belajar investasi. Utamanya pada investasi saham. Dividen adalah hal penting dalam berinvestasi saham. Lalu, apa yang dimaksud dengan dividen? Sebelum masuk lebih dalam mengenai pembahasan dividen saham, perlu diketahui bahwa ada beberapa emiten saham Amerika yang membagikan dividen terbesar berdasarkan tingkat yield-nya pada akhir tahun 2022. Berikut 5 emiten saham Amerika yang tercatat membagikan dividen terbesar. 

Perusahaan Dengan Dividen Paling Besar

Dilansir dari money.usnews.com dividen terbesar pertama diraih oleh Pioneer Natural Resources (PXD).  Perusahaan ini bergerak dalam bidang eksplorasi produksi minyak dan gas independen. PXD memiliki cadangan lebih dari 130 juta barel minyak, 90 juta barel cairan gas alam, dan 460 miliar kaki kubik gas. PXD memberikan dividen yield sebesar 11,3% selama 12 bulan terakhir. Berikutnya adalah Coterra. Sebagai perusahaan eksplorasi minyak dan gas independen, yang beroperasi terutama di wilayah Marcellus Shale di dalam dan sekitar Pennsylvania, serta Permian Basin dan Anadarko Basin di dalam dan sekitar Texas. Cotera memiliki dividen yield sebesar 10% dalam 12 bulan terakhir.

Kemudian ada Vornado, operator real estat komersial yang memiliki dividen yield sebesar 9,4% dalam 12 bulan terakhir. Juga ada Verizon Communication (VZ) yang merupakan perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang berpusat di New York City, Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki dividen yield sebesar 6,3% dalam 12 bulan terakhir. Yang terakhir adalah IBM yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM memiliki dividen yield sebesar 4,52% dalam 12 bulan terakhir. Beberapa saham Amerika ini bisa dibeli di triv.co.id.

Baca juga: Prediksi Crypto Hari Ini di 2023, Akankan Bitcoin Kembali Bersinar?

Apa Itu Dividen Saham?

Selain perlu memahami dan mengetahui potensi saham yang bisa dijadikan tempat investasi karena komitmen dan konsistensinya dalam membagikan dividen. Investor perlu memahami lebih dalam apa itu dividen. Secara singkat bisa dijabarkan bahwa dividen merupakan keuntungan atau laba bersih yang akan dibagikan kepada pemegang saham dari dana yang mereka tanamkan dalam perusahaan. Besar atau kecilnya dividen yang dibayarkan ditentukan oleh dewan direksi perusahaan yang tujuannya adalah kesejahteraan bagi pemegang saham.

“Saham global yang dikenal lebih sering membagikan dividen setiap tahunnya akan menjadi kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan karena ini juga dapat menjadi solusi konkrit untuk mengurangi risiko dan volatilitas aset” ujar Chief Marketing Officer Triv.co.id Jordan Simanjuntak.

Setiap investor berhak mendapatkan dividen atas saham yang dimilikinya sesuai dengan besaran atau persentase yang disetujui pada rapat umum pemegang saham. Pembagian tersebut bersifat merata dan adil. Walaupun merata dan adil, setiap pemegang saham tidak akan mendapatkan jumlah yang sama. Hal tersebut ditentukan dari berapa jumlah saham yang dimiliki oleh investor. Artinya, jika investor memiliki saham dalam jumlah banyak, maka berpeluang untuk mendapatkan dividen yang besar juga. Begitupun sebaliknya.

Apa Itu Dividen Saham? Ini Istilah Yang Harus Kamu Tahu

Beberapa istilah harus dipahami dalam mekanisme pembagian dividen seperti date of declaration, date of record, cum date, ex date, dan payment date. Istilah tersebut mengacu pada tanggal atau hari sebagai penentu dibayarkannya dividen. Untuk date of declaration artinya dividen diumumkan oleh manajemen perusahaan pada tanggal pengumuman dan wajib disetujui oleh para pemegang saham sebelum dibayarkan.

Date of record adalah tanggal ketika perusahaan dapat melaksanakan pencatatan nama para pemegang saham yang dimana jika terdaftar maka pemegang saham memiliki hak dan yang tidak tercatat maka pemegang saham tidak memiliki hak mendapatkan dividen.

Cum date, artinya mengacu pada hari terakhir pembagian saham bagi investor untuk mendapatkan dividen saham. Untuk ex date memiliki pengertian investor tidak dapat mendaftarkan namanya saat pembelian saham di ex date tersebut untuk tujuan mendapatkan dividen di tahun berjalan.

Sedangkan payment date merupakan tanggal atau hari ketika sebuah perusahaan membayarkan dividennya kepada para investor sesuai bentuk dan besaran yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Reborn Rich Drama Korea Yang Mengajarkan Investasi

Perkembangan Token Saham dan Pembagian Dividennya

Pada era digitalisasi seperti saat ini, kita tidak bisa menghindari perkembangan teknologi dan platform digital yang sangat pesat. Pada industri investasi juga terdampak kemajuan digitalisasi ini. Saham yang semula masih konvensional, kini telah berkembang menjadi token saham (tokenized stock) dengan menggunakan teknologi blockchain.

Token saham adalah saham konvensional yang di tokenkan di atas blockchain dengan berbagai kelebihan daripada pasar saham konvensional. Tidak seperti pasar saham tradisional yang hanya beroperasi pada hari senin sampai dengan hari jumat. Token saham dapat diperdagangkan tanpa hari libur selama 24 jam penuh.

Penjualan token saham ke rekening bank juga tidak membutuhkan waktu settlement yang lama seperti saham konvensional. Token saham dapat langsung dicairkan ke rekening bank dalam hitungan menit. Token saham tidak mewajibkan pembelian minimal 1 lot seperti pasar saham konvensional, melainkan dapat dibeli secara pecahan bahkan mulai hanya dengan 50.000 rupiah saja.

“Saham global berbentuk token digital ini kini bisa dinikmati semua kalangan karena modal trading yang rendah tanpa minimun lot dan waktu trading yang flexible menjadi keunggulan utama bagi instrumen investasi ini” ujar CMO Triv Jordan Simanjuntak.

Pembayaran dividennya secara otomatis akan ditambahkan kedalam aset para investor sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan. Tentunya akan tetap ada notifikasi agar para investor mengetahui bahwa mereka mendapatkan dividen dari saham yang mereka miliki.

Chief Marketing Officer Triv Jordan Simanjuntak juga berharap, kini dengan adanya pembagian dividen pada token saham yang ada di platform Triv bisa menjadi solusi lengkap. Seperti keterjangkauan modal, fleksibilitas waktu, keterjangkauan biaya layanan dan yang paling utama adalah memberikan keuntungan yang lebih luas bagi investor saham terutama untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari dividen saham global.

Investasi Saham di Platform Legal

Meskipun sudah banyak pembahasan cara untuk mendapatkan token saham. Nyatanya tidak sedikit calon investor yang masih bingung memilih platform legal yang memperdagangkan saham Amerika. Padahal sudah banyak platform aman dan legal di Indonesia, salah satunya triv.co.id. Triv adalah platform resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dan KOMINFO. Tidak hanya token saham Amerika, Triv juga memperdagangkan kripto dan digital aset lainnya.

Namun pilihan berinvestasi harus didasari dengan pengetahuan yang baik dan dikembalikan ke masing-masing individu, karena strategi pengelolaan keuangan setiap orang pasti berbeda. Yang terpenting adalah terus menambah pengetahuan dan wawasan dalam setiap perkembangan yang terjadi, termasuk dalam hal investasi.  Karena semua itu akan menentukan seberapa kuat kita bertahan dari gempuran perubahan zaman yang begitu cepat dan tidak menentu.

Apa itu dividen saham? Trading Saham AS Dapat Cashback 10%
Trading Saham AS Dapat Cashback 10% Dengan Triv

Comments are closed for this post.