Apa Itu Ripple (XRP)?

Menyebut Ripple berlaku dua makna, yakni sebagai platform (software/teknologi) dan mata uang (currency). Ketika disebut sebagi platform, Ripple adalah protokol open source yang dirancang untuk mengirimkan objek bernilai (dalam hal ini disebut mata uang kripto) secara cepat dan murah.

Ketika ia disebut disebut sebagai mata uang, maka ia dapat dipertukarkan dengan mata uang lain, seperti dolar AS, rupiah dan lain-lain. Ripple sebagai mata uang disimbolkan dengan XRP.

Tidak seperti Bitcoin yang tidak pernah dimaksudkan untuk sebagai teknologi pembayaran yang sederhana (kecuali dibantu dengan teknologi Lightning Network), Ripple dimaksudkan sebagai alat transaksi internasional di seluruh dunia.

Cara termudah membayangkan apa itu Ripple adalah jaringan sistem pembayaran elektronik seperti Visa, MasterCard, PayPal dan lain sebagainya. Perbedaan utamanya Ripple menawarkan kecepatan dan murahnya biaya transaksi dengan cakupan global. Dalam satu detik, Ripple bisa menangani hingga 1500 transaksi. Memang tak sebanyak Visa yang mencapai rata-rata 24 ribu transaksi per detik.

Berada di peringkat ke-3 dunia berdasarkan kapitalisasi pasar versi Coinmarketcap, sebenarnya volume perdagangan XRP jauh lebih rendah Tether (USDT) dan EOS. Per 12 Desember 2019, XRP berada di peringkat ke-7. XRP hanya menang melawan Tron (TRX).

Apa itu RippleNet?
RippleNet adalah jaringan khusus untuk pembayaran oleh lembaga-lembaga tertentu seperti bank dan bisnis layanan uang yang menggunakan solusi yang dikembangkan oleh Ripple untuk mengirimkan uang secara global.

Selain itu, RippleNet memungkinkan untuk melakukan pembayaran dalam mata uang apa pun termasuk Bitcoin dan memiliki komisi transaksi internal minimal US$0,00001 (Rp0,14).

Apa itu XRP?
XRP adalah mata uang (ada juga yang menyebutnya sebagai token) yang digunakan untuk mewakili transfer nilai di seluruh RippleNet. Tujuan utama XRP adalah sebagai perantara pertukaran mata uang kripto dan mata uang biasa lainnya.

Untuk apa Ripple digunakan?
Keunggulan utama XRP adalah biaya transaksi yang sangat murah dibandingkan dengan Bitcoin dan layanan perbankan. Transaksi lintas negara pun cepat tanpa batas. Waktu transaksi rata-rata adalah 4 detik. Bandingkan kalau Bitcoin bisa mencapai 1 jam dan 3-4 hari kerja di sistem perbankan biasa.

Soal biaya transfer akan berbeda besarannya jikalau dilakukan melaui exchange atau bursa kripto. Ada mekanisme tertentu yang tujuannya untuk mempermudah pengguna. Di Triv.co.id biaya transfer Ripple adalah 1 XRP. Biaya ini berlaku untuk semua besaran Ripple yang Anda kirimkan ke pengguna Ripple manapun di seluruh dunia. Harga satu unit XRP naik turun, tetapi relatif kecil. Saat ini harga Ripple di Triv berkisar Rp3.066.

Biaya 1 XRP kami sebut sebagai “miner fee” yang digunakan untuk mempercepat konfirmasi dalam blockchain (protokol) Ripple dan bukan untuk Triv. Biaya itu akan gratif, jikalau Anda mengirimkan Ripple ke sesama pengguna Triv. Fee akan dibebankan ketika transaksi, tetapi langsung dikembalikan ke dompet Anda secara otomatis.

Saking popularnya teknologi Ripple, ia digunakan oleh sejumlah bank ternama, seperti Santander, Bank Axis, Ya Bank, Westpac, NBAD, UBS dan lain sebagainya. [vins]

Be the first to write a comment.

Your feedback