Apa Sih Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin Itu?

Tingkat kesulitan mining Bitcoin baru naik lebih dari 7 persen. Apa artinya itu dan mengapa hal itu diperlukan? Mari kita bahas lebih lanjut…

Tingkat kesulitan mining Bitcoin baru-baru ini telah mengalami peningkatan sebanyak 7.09%. Apa itu tingkat kesulitan dan mengapa hal itu sangat penting?

Baca juga: Apakah Kejadian Hack Di Shapeshift Dilakukan Oleh Orang Dalam

Bitcoin merupakan desentralisasi pertama, protokol distribusi open source mata uang digital yang ditujukan untuk mendapatkan adopsi secara besar-besaran. Tidak lama kemudian konsep mata uang digital diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto di whitepaper nya, terkumpul banyak minat dari para ilmuwan komputer dan cryptographers. Beberapa orang telah mencoba menciptakan sistem mata uang digital dengan keberhasilan yang terbatas. Tapi Bitcoin menawarkan solusi untuk banyak masalah yang dihadapi oleh para peneliti sampai saat itu. Penemuan Bitcoin itu merupakan solusi dengan alasan Bitcoin ditujukan untuk menjadi salah satu mata uang digital yang diadopsi secara luas di dunia sampai saat ini.

Tujuan utama di balik penciptaan Bitcoin adalah untuk memberdayakan setiap orang/individu dengan menyediakan cara alternatif untuk melakukan transaksi peer to peer melalui internet tanpa harus melalui perantara atau pihak ketiga yang terpercaya seperti perbankan dan lembaga keuangan. Dalam rangka untuk memenuhi tujuannya, protokol mata uang digital harus memenuhi kriteria tertentu. Selain keterbatasan stock bitcoin itu sendiri, dapat dipertukarkan dan dibagi, penting untuk jaringan bitcoin untuk menjaga konsistensinya. Konsistensi jaringan membutuhkan tempat khusus karena sifatnya distribusi/dibagikan.

Kita semua tahu bahwa Bitcoin adalah open source, mata uang digital desentralisasi di mana para penambang, yang merupakan bagian dari komunitas Bitcoin yang turut memberikan kontribusi daya pemrosesan untuk menemukan blok baru dan mengkonfirmasi transaksi melalui jaringan tersebut. Hal ini dilakukan dengan membandingkan id transaksi dengan catatan yang ada pada blockchain dan memasukkan catatan transaksi baru ke blok yang baru. Secara teknis, waktu yang dibutuhkan oleh penambang atau kolam tambang untuk menemukan blok baru berbanding lurus dengan total kekuatan pemrosesan jaringan, yang dengan kata lain dikenal sebagai tingkat hash (hash rate).

Mining Bitcoin sekarang dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus yang disebut Application Specific Integrated Circuits (ASIC) yang secara custom-dibangun untuk tujuan tersebut. Mereka memiliki spesialisasi sirkuit churn yang mengeluarkan banyak daya pemrosesan. Dengan kemajuan teknologi, alat Asic mining Bitcoin terbaru dengan keunggulan yang tinggi sedang dirancang dan dibuat. Asic ini jauh lebih efisien, baik dari segi tingkat hash dan konsumsi daya. Seiring dengan Asic mining yang canggih dan terbaru untuk menggantikan versi lamanya, total tingkat hash pada jaringan Bitcoin juga terus meningkat. Dalam situasi yang ideal, hal itu berarti bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membuat blok baru berkurang sangat drastis, yang mengarah ke peningkatan proporsional dalam pembayaran. Untuk mencegah situasi seperti itu, tingkat kesulitan jaringan Bitcoin dimanfaatkan untuk menjaga waktu yang dibutuhkan dalam menemukan blok secara konstan. Jaringan secara otomatis mengubah tingkat kesulitan mining Bitcoin serta memastikan penemuan blok baru setiap 10 menitnya (600 detik) yang dilakukan oleh para penambang.

2-169x300

Tingkat kesulitan dalam jaringan Bitcoin sangat bervariasi setelah ditemukannya setiap 2016 blok untuk memastikan output konstan. Jika tingkat hash jaringan tinggi dan waktu yang dibutuhkan untuk menemukan blok baru kurang dari 10 menit, maka jaringan akan meningkatkan tingkat kesulitan secara proporsional untuk meningkatkan waktu penemuan blok. Jika waktu penemuan blok lebih dari 10 menit, maka protokol yang sama akan mengurangi tingkat kesulitan.

Pekan lalu, tingkat kesulitan naik lebih dari 7 persen. Hal ini merupakan salah satu kenaikan tertinggi dalam masalah tingkat kesulitan, namun pada bulan Februari kemarin pernah mengalami peningkatan sebesar 20 persen. Jaringan daya hashing saat ini sekitar 1279029147 GH/detik (sama seperti pada 14 April, 2016). Perubahan ini mutlak diperlukan untuk menjamin kehandalan/reliability dan kelancaran fungsi jaringan mata uang digital Bitcoin.

Sumber: Bitcoin Wiki | Bitcoin Wisdom

Grafik: Bitcoin Wisdom

Gambar: National Mining Museum, Luxembourg

Apa Sih Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin Itu?

Be the first to write a comment.

Your feedback