Cerita Kombinasi Fesyen, Metaverse dan Kripto

Belum lama ini Dolce & Gabbana, Gucci, Balenciaga, dan Ralph Lauren memulai debutnya masuk ke metaverse. Bagaimana cerita masa depan kombinasi dunia model, fesyen, kripto dengan dunia virtual reality baru ini?

Dolce & Gabbana sendiri masuk ke metaverse Decentraland (MANA) dengan menghadirkan gambar dan video NFT lewat UNXD.

Satu rancangan apik bernuansa emas yang berjudul Dress from a Dream: Gold itu laku terjual setara dengan US$12,5 milyar. Proses pembayaran lelang menggunakan kripto Wrapped ETH (wETH).

Fakta yang menarik adalah, pemenang lelang NFT berhak mendapatkan pakaian fisik itu dengan mengunjungi langsung gerai mereka di Milan, Italia. Pakaian wanita itu dirancang khusus oleh Domenico Dolce and Stefano Gabbana.

Koleksi dari perancang yang sama adalah “The Glass Suit”. Rancangan pakaian untuk pria ini, berupa jas dan setelan celana panjang laku terjual hingga US$1,3 juta. Sama seperti koleksi lainnya, pemenang lelang berhak mendapatkan bentuk fisik pakaian itu.

Mengapa Harus Menggunakan NFT?

NFT secara teknologi adalah sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan asli dan alih kepemilikan sebuah objek digital dari dan kepada pihak lain.

Sebuah rancangan busana yang memiliki NFT memastikan adanya transparansi pembuatanya, promosi, penjualan hingga transaksi, karena semuanya terekam permanen di blockchain.

NFT ini pula bisa dipamerkan di dunia metaverse Decentraland, sebagai satu bukti lain, bahwa benda ini memang benar-benar ada dan bisa dikunjungi dalam bentuk dunia 3 dimensi.

Masa Depan Fesyen, NFT dan Metaverse

Sejak Mark Zuckerberg mengumumkan alih nama perusahaannya dari Facebook menjadi Meta untuk terus fokus di bisnis metaverse, banyak sejumlah merek terkenal dari segala jenis bisnis masuk ke sini.

Dan serba kebetulan pula, sejumlah proyek kripto sudah terlebih dahulu masuk metaverse ini, jauh sebelum Meta.

Tentu saja dinamika baru ini memberikan nafas segar kepada kripto secara khusus, karena use case, misalnya Decentraland, Sandbox dan Axie Infinity misalnya punya panggung baru.

Maka tidaklah heran, sejak akhir Oktober 2021, harga kripto itu naik luar biasa, bahkan ketika pasar kripto secara umum menurun.

Terkait fesyen, NFT dan metaverse akan punya masa depan yang baik sekali, mengingat keunggulan NFT yang terekam di blockchain memberikan nilai lebih dibandingkan teknologi sebelumnya.

Di masa depan kita akan melihat lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan lain di luar bisnis fesyen akan masuk ke metaverse yang punya komponen NFT, kripto dan blockchain. [triv]

Comments are closed for this post.