Lima Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Bitcoin

Di tengah ketidakstabilan ekonomi global dan krisis keuangan, para investor menjadi semakin sadar akan Bitcoin dan keuntungan atas bentuk-bentuk tradisional aset dan keuangan. Meskipun masih banyak para investor yang tetap waspada terhadap fluktuasi harga Bitcoin ini, ada lima aspek utama mengenai Bitcoin yang harus diketahui oleh setiap investor.

Baca juga: Debat Mengenai Skalabilitas Bitcoin Masih Terus Berlanjut

  1. Likuiditasnya Tinggi

Bitcoin memiliki likuiditas yang cukup tinggi di suatu daerah dan negara dengan infrastruktur dan peraturan Bitcoin yang sudah ada. Negara-negara seperti Korea Selatan, Taiwan dan Swiss menawarkan likuiditas yang lebih tinggi daripada kebanyakan aset lainnya dan, kadang-kadang, layanannya bahkan seperti kartu kredit karena adanya startups yang memungkinkan lokasi akses seperti toko-toko yang memfasilitasi perdagangan fiat-ke-Bitcoin.

Untuk pedagang dengan profil tinggi, banyak bursa pertukaran yang memungkinkan perdagangan hingga $ 100.000 per hari dan batas perdagangan harian bursa di negara-negara akan diatur seperti AS dan Korea Selatan yang jauh lebih tinggi dari negara-negara lainnya. Sementara itu investor juga harus berurusan dengan kebijakan yang luas dengan KYC dan peraturan, aset tradisional dan sistem perbankan meminta syarat  bahkan lebih kompleks dengan persyaratan KYC/AML.

  1. Volatilitas Yang Rendah

Para pedagang dan investor sering mengeluh akan masalah volatilitas yang tinggi dari Bitcoin. Namun, selama beberapa tahun terakhir, tingkat volatilitas dari Bitcoin secara substansial telah menurun, menjadi kurang stabil daripada beberapa mata uang cadangan lainnya, termasuk pound sterling.

Tingkat volatilitas yang terus menurun dari Bitcoin membuatnya lebih layak sebagai mata uang global, media penyimpan nilai dan investasi. Lebih pentingnya lagi, harga Bitcoin kini telah mempertahankan tren kenaikan selama hampir enam bulan karena peningkatan jumlah individu dan pembisnis yang mulai mengenali Bitcoin sebagai media perlindungan terhadap ketidakstabilan ekonomi.

Misalnya, perdagangan dan permintaan Bitcoin di negara-negara seperti India dan Cina telah melonjak selama tiga bulan terakhir karena kontrol modal yang besar dan peraturan keuangan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat.

  1. Transportability

Bitcoin hanya sebuah aset, mata uang dan media penyimpan nilai di dunia saat ini dimana investor dapat menyelesaikan pembayaran lintas batas dengan mudah. Bentuk lain dari mata uang atau aset seperti emas, yang telah lama dianggap sebagai global aset safe haven, yang membuat toko tidak efisien secara nilai karena mereka memerlukan kehadiran penyedia layanan pihak ketiga atau infrastruktur tertentu untuk mengangkut emas tidak seperti Bitcoin yang sangat low fee dan tanpa pihak ketiga.

Yang lebih penting lagi, beberapa negara saat ini memiliki peraturan yang ketat dan pembatasan perdagangan dan transportasi dari aset fisik seperti emas. Dengan demikian, pemerintah dan otoritas setempat dapat dengan mudah merebut atau menyita aset seperti emas sedangkan Bitcoin tidak dapat dikendalikan oleh entitas terpusat seperti pemerintah dan lembaga tertentu.

Biaya untuk setiap transaksi Bitcoin yang independen dan tidak didasarkan pada jumlah transaksi. Yang berarti, dimana investor dapat mengirim sejumlah Bitcoin/dana ke penerima dapat diselesaikan dengan biaya rata-rata $ 0,11. Biaya ini berlaku untuk setiap transaksi dari berbagai ukuran, terlepas dari jumlah uang yang dikirimkan.

13886904_10154295688608346_4427019213526306317_n

Sumber: bitcoinfees.21.co

  1. Desentralisasi

Bitcoin itu murni desentralisasi. Mata uang digital tidak dikontrol atau dimanipulasi oleh entitas yang terpusat. Dengan demikian, dengan dompet non- custodial dan pertukaran, tidak ada individu atau pihak ketiga yang dapat mengontrol dana atau Bitcoin penggunanya.

Kadang-kadang, investor kesulitan untuk memanfaatkan aset atau uang yang ada karena likuiditas Bitcoin yang rendah. Dalam kebanyakan kasus, masalah ini berasal dari tingkat kontrol yang berlebihan yang ditunjukkan oleh entitas terpusat yang bertanggung jawab untuk melindungi aset pengguna dan investor. Jika entitas ini memutuskan untuk menahan atau membekukan aset investor atas permintaan dari penegak hukum atau pemerintah, investor tidak akan bisa menarik atau melikuidasi aset mereka.

Bitcoin mencegah situasi yang tak terelakkan seperti dengan dompet noncustodial, investor bisa memiliki Bitcoin tanpa harus berurusan dengan penyedia layanan pihak ketiga. Mereka juga dapat membuat dompet kertas atau cold storage untuk menyimpan Bitcoin secara offline untuk memastikan bahwa platform dompet atau penyedia layanan online tidak mendapatkan akses ke Bitcoin mereka.

  1. Meningkatkan Nilai Berdasarkan Permintaan Pasar

Nilai Bitcoin semata- mata didasarkan pada permintaan pasar mata uang digital. Hal ini tidak terpengaruh oleh peraturan pemerintah, tidak seperti uang fiat atau aset. Harga Bitcoin naik dan turun tergantung pada tingkat permintaan Bitcoin selama periode waktu tertentu.

Nilai Bitcoin meningkat, karena permintaan untuk mata uang digital meningkat. Investor dapat mengambil keuntungan dari ketidakstabilan pasar global dan meningkatkan peraturan tentang uang tunai dengan mengalokasikan modal ke Bitcoin.

Lima Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback