Membangun Biaya Pasar Bitcoin Yang Lebih Baik

Selama satu tahun terakhir, telah kita lihat biaya pasar untuk transaksi bitcoin yang terus berkembang dengan pesat. Volume transaksi yang terus meningkat, demikian juga permintaan dalam ruang blok, yang tetap dalam pasokan terbatas 1 megabyte (MB) kira-kira setiap 10 menit.

Seperti yang telah kita perdebatkan berkaitan dengan isu peningkatan pasokan ad nauseum ruang blok, artikel ini akan berfokus pada sejarah dan keadaan saat ini tentang biaya transaksi bitcoin.

Baca juga: Harga Bitcoin Berjalan Sangat Tenang Pada Minggu Ini Meskipun Dalam Konroversi Craig Wright

Faktanya bahwa tekanan yang dihasilkan dari contention yang tinggi dalam ruang blok telah terdegradasi oleh pengalaman pengguna dan dengan demikian secara insentif dompet bitcoin melakukan penyesuaian untuk menjaga kenyamanan para pengguna dengan memastikan konfirmasi secara tepat waktu dalam melakukan transaksi.

Sejarah Biaya Transaksi

Selama beberapa tahun pertama tentang keberadaan bitcoin ini, biaya transaksi yang opsional – dianggap sebagai sumbangan untuk para penambang.

1-169x300

Dompet juga akan membayarkan biaya yang sama pada setiap transaksi.

Biaya standar Bitcoin Core berubah beberapa kali selama beberapa tahun dengan nilai tukar bitcoin meningkat, dari 0,01 BTC ke 0,0005 BTC ke 0,0001 BTC. Ada juga aturan di sekitar “transaksi prioritas” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim transaksi tanpa biaya jika input yang dibutuhkan lama dan nilai yang cukup tinggi.

Kami belajar selama bertahun-tahun agar biaya transaksi statis hard-kode karena beberapa alasan:

  • Ini bukan biaya mutlak yang penting bagi penambang, melainkan tingkat biaya per byte data transaksi. Dari perspektif penambang, mereka hanya memiliki ruang 1 MB di mana mereka ingin memasukkan transaksi sebanyak mungkin untuk mengumpulkan biaya lebih. Dengan demikian, transaksi 200 byte dengan biaya dari 0,0001 BTC adalah lebih baik untuk transaksi 1.000 byte dengan biaya sebesar 0,0001 BTC, karena mereka dapat memasukkan lima dari sebelumnya dan mengumpulkan lima kali lebih banyak dalam biaya.
  • Dari perspektif pengguna, jika Anda selalu menetapkan biaya statis, Anda akan cenderung akhirnya membuat transaksi ukuran data yang besar (karena menghabiskan banyak masukan yang bernilai rendah) dengan tingkat biaya yang sangat rendah yang mungkin tidak pernah mendapatkan konfirmasi.
  • Dompet dengan biaya statis tidak dapat beradaptasi dengan cepat dalam perubahan kondisi pasar, sehingga pengguna transaksi yang baik akan membayar lebih atau underpaying. Transaksi sebelumnya tidak akan mendapatkan konfirmasi yang lebih cepat, sedangkan langkah yang kedua akan mengakibatkan waktu konfirmasi lama karena penambang akan melewati permintaan mereka dan lebih mendukung transaksi yang lebih menguntungkan untuk sebuah konfirmasi.

Peluncuran Bitcoin 0.3.15 pada bulan November 2010 termasuk perubahan untuk memulai menghitung biaya relatif terhadap ukuran data transaksi, tetapi tidak setiap software dompet mengikuti dan banyak pengguna yang terus membabi buta untuk menetapkan biaya statis yang sama pada setiap transaksi. Hal ini pada umumnya tidak masalah sampai kami mulai menabrak melawan ukuran blok max, karena penambang akan mengkonfirmasi cukup banyak transaksi yang valid yang berhasil disampaikan kepada mereka.

Blok mulai terisi penuh pada tahun 2015, jelas terlihat bahwa praktek terbaik adalah dengan menggunakan biaya algoritma yang dinamis karena dapat merespon perubahan kondisi pada jaringan.

Bitcoin core mulai menghitung perkiraan rilis biaya dinamis 0.10 pada bulan Februari 2015, dan Alex Morcos terus meningkat sejak saat itu. Estimasi biaya algoritma core ini agak rumit/kompleks; Anda dapat melihat kodenya di sini dan penjelasan dalam bahasa Inggris di sini.

Sebuah Pasar Bebas Muncul

Antoine Le Calvez, pengembang p2sh.info, memberikan analisis historis biaya dinamis dan statis.

Berikut adalah data dalam dua tahun terakhir:

1-169x300

Historic Dynamic Fee Usage, via P2SH.info

Kita bisa melihat lompatan yang signifikan dalam penggunaan biaya dinamis selama test stress jaringan.

Namun, saya menduga bahwa ini bukan karena para pengguna biasa mulai beralih ke biaya dompet yang dinamis, melainkan perilaku mereka untuk membayar biaya dengan sengaja dan mengatur biaya yang lebih tinggi daripada biaya statis yang digunakan oleh sebagian besar dompet pada saat itu.

Beberapa pengguna menggunakan biaya hard-kode selama kejadian serangan (jaringan penuh) jaringan, tetapi hanya sebagian besar yang dilakukan oleh minoritas kecil dari total transaksi. Kita juga dapat melihat lompatan pada awal Maret 2016 – ini mungkin hasil dari dompet Blockchain yang baru yang menyebarkan biaya dinamis sekitar satu bulan sebelumnya.

Rusty Russell melakukan analisa dari biaya pasar yang muncul pada bulan Desember 2015, yang menunjukkan bahwa lebih banyak transaksi yang menggunakan biaya dinamis, dan bahwa nilai rata-rata pembayaran transaksi meningkat sebagai kecil semakin murah dari blockchain itu sendiri.

1-169x300

AJ Towns menindaklanjuti postingan Rusty dengan analisis yang lebih mendalam. Dia mengidentifikasi delapan tahapan biaya pasar yang berbeda selama perjalanan bitcoin ini:

1-169x300

Towns terus menyelidiki postingan kedua tersebut dan menyimpulkan beberapa kesimpulan tentang efek biaya pasar yang muncul yang digunakan oleh para pengguna.

  1. Sejumlah besar dompet secara dinamis menghitung biaya, pada granularity per-byte.
  2. Banyak dompet yang masih tidak menghitung biaya dinamis, atau bahkan menghitung biaya pada tingkat per-byte.
  3. Biaya pasar yang dikendalikan hanya akan meningkat peningkatan adopsi dompet yang mendukung perkiraan biaya yang dinamis.
  4. Secara signifikan membayar biaya pasar yang lebih tinggi akan melancarkan transaksi Anda dalam proses konfirmasi.
  5. Ada dua event biaya agar berdampak pada dompet dengan biaya statis, dan event fee ketiga akan datang segera.
  6. Dompet dinamis akan menghitung biaya serta membayar biaya yang jauh lebih rendah daripada biaya rata-rata.

Saya telah melacak perkiraan biaya Bitcoin core menggunakan Satoshi; di sini Anda dapat melihat bahwa mereka tiga kali lipat telah bertambah banyak selama enam bulan terakhir sebagai contention untuk ruang blok yang terus meningkat.

1-169x300

Bitcoin Core Fee Estimates, via Statoshi.info

Calvez juga menyediakan dashboard dengan semua API estimasi biaya yang tersedia untuk umum dan data perkiraan historinya:

1-169x300

Various services’ fee estimates, via P2SH.info

Menariknya, tampaknya bahwa 21, estimasi biaya BitGo, dan Blocktrail ini menjadi yang paling responsif terhadap perubahan kondisi pasar sementara BitPay, Blockchain, dan BlockCypher memiliki perkiraan yang kurang stabil.

Namun, itu akan segera usai bagi saya secara luas menyarankan untuk semua orang agar beralih menggunakan biaya transaksi yang secara dinamis.

Seperti kata pepatah, setiap solusi menyebabkan masalah baru. Biaya transaksi yang dinamis tidak terkecuali.

Kesulitan Yang Dinamis

Estimasi biaya yang dinamis tidak akan pernah menjadi sempurna karena mereka merupakan upaya untuk memprediksi biaya (dekat) yang akan datang.

Sebagai fisikawan Denmark Niels Bohr menyindir: “prediksi sangat sulit, terutama tentang masa depan”. Jika algoritma estimasi biaya gagal untuk benar memprediksi keadaan di masa depan tentang biaya pasar maka para pengguna akan terjebak di dalam “biaya perangkap” seperti yang dicatat oleh Dr Washington Sanchez dari OpenBazaar.

Hal ini dapat terjadi jika Anda menyiarkan transaksi dengan biaya yang masuk akal untuk kondisi pasar saat ini, tapi segera setelah melakukannya, banyak transaksi biaya yang lebih tinggi lainnya mendapatkan informasi oleh pengguna lain, yang pada dasarnya mendorong transaksi Anda ke belakang dari sebuah antrian prioritas penambang ‘. Masalahnya adalah bahwa Anda tidak bisa menyelesaikan transaksi, tanpa Harus Mengganti Biaya (RBF), yang memperbarui “tawaran” Anda untuk mengimbangi kondisi pasar yang baru.

Bug dalam algoritma estimasi biaya juga memiliki potensi untuk melampiaskan malapetaka pada biaya pasar. Kita ambil contoh, misalnya, kesalahan pengguna baru-baru ini yang mengakibatkan seseorang menciptakan transaksi dengan biaya 300 BTC.

2016-03-09 22.57.14

Hal ini merupakan tebakan, tapi tampaknya BlockCypher “1 hingga 2 blok target” menggunakan algoritma estimasi biaya berdasarkan rata-rata pergerakan tertimbang biaya dari dua hari terakhir dari blok. Akibatnya, pada saat transaksi fee 300 BTC yang ditambang, biaya rata-rata muncul baru-baru ini dan dengan demikian perkiraan mereka melonjak sebesar 800%.

Tapi ini tidak dimaksudkan untuk memilih BlockCypher, seperti yang kita lihat banyak dompet memiliki masalah dengan biaya transaksi. Bahkan Bitcoin Core dibebaskan, karena saya baru-baru ini mengamati lonjakan tak terduga dalam perkiraan biaya dari Bitcoin core 0.12.0:

1-169x300

Bitcoin Core Fee Estimate Anomaly, via Statoshi.info

Saya melihat bahwa Statoshi.info ini merupakan “dua sasaran blok” perkiraan biaya yang melonjak 44-112 satoshis per byte pada 27 Februari untuk alasan yang tidak jelas. Node bitcoin lainnya tidak melaporkan lonjakan yang sama.

Ini mungkin dapat dijelaskan oleh perbedaan dalam transaksi memPool karena algoritma estimasi biaya Cory hanya menggunakan biaya dari transaksi yang pertama kali diterima yang belum dikonfirmasikan.

Hal ini berkaitan dan peragaan downside untuk ekstrapolasi masa depan berdasarkan pandangan node Anda dari jaringan, yang tidak dijamin sama dengan orang lain.

Masih banyak dompet dan layanan Bitcoin yang belum mengimplementasikan biaya dinamis. Anda tahu siapa Anda, dan kelambanan Anda mungkin mengakibatkan pengalaman yang buruk untuk beberapa penggunaan Anda. Jika Anda belum menerapkan biaya yang dinamis, maka setiap transaksi Anda cocok dengan salah satu dari dua kategori:

  1. Anda membayar biaya pasar lebih rendah dan tidak mendapatkan konfirmasi yang secara signifikan lebih cepat.
  2. Anda underpaying dan transaksi Anda terjebak, sehingga menimbulkan pengalaman pengguna yang buruk.

Membangun Biaya Pasar Bitcoin Yang Lebih Baik

Be the first to write a comment.

Your feedback