Mengenal EOS yang Kini Tersedia di Triv.co.id

EOS adalah protokol blockchain yang ditenagai oleh aset kripto EOS. Protokol ini memvirtualkan/mengemulasi sebagian besar atribut komputer yang asli, yakni CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphical Processing Unit) dan RAM (Random Access Memory) dan penyimpanan (hard disk) dengan sumber daya komputasi yang didistribusikan secara merata di antara pemegang aset kripto EOS. Menggunakan algoritma konsensus Delegated Proof-of-Stakes (DPoS), jumlah validator block hanya 21 saja, sehingga transaksi berjalan lebih efisien.

Dalam sistem EOS ada yang disebut EOSIO yang berperan sebagai platform kontrak pintar (smart contract) dan sistem operasi desentralistik. Ini sangat bermanfaat pembuatan aplikasi desentralistik (decentralized app). Dengan smart contract itu pula, memungkinkan biaya transaksi bisa ditekan dan dengan jutaan transaksi per detik.

Peringkat pertama menurut Tiongkok
Pada akhir Oktober 2019 lalu, Center for Information and Industry Development (CCID) di Tiongkok menempatkan teknologi blockchain EOS di peringkat pertama sebagai public blockchain terbaik. EOS mengalahkan blockchain TRON, Ethereum, Nuls, Bitshares dan lain sebagainya. CCID sendiri adalah organisasi yang merupakan gabungan dari perusahaan-perusahan besar di Tiongkok. Metode pemeringakatan kali kedua itu berdasarkan tiga aspek utama, yakni teknologi dasar, penerapan dan inovasi.

Mengingat Tiongkok telah menetapkan teknologi blockchain sangat bermanfaat untuk memajukan ekonomi negara dan perusahaan-perusahan Tiongkok melihat potensi besar blockchain EOS, maka bukan tidak mungkin penggunaan blockchain EOS dengan aset kripto EOS-nya bisa jadi lebih banyak di masa-masa mendatang.

dAPP popular
Smart contract EOS juga sangat popular digunakan untuk membuat aplikasi desentralistik (dApp) dengan beragam fungsi dan sektor. EOS sendiri bersaing ketat dengan Ethereum dan Tron. Berdasarkan data dari dappradar.com, volume penggunaan aset kripto EOS pada dApp mencapai ratusan juta dollar AS denga transaksi mencapai jutaan.

Volume perdagangan
Berdasarkan data dari Coinmarketcap, volume perdagangan EOS juga cukup tinggi, mencapai US$1.767.581.592 dalam 24 jam terakhir di peringkat ke-5, bersaing dengan Litecoin dan Ether (ETH). [*]

Be the first to write a comment.

Your feedback