NFT Petenis Andy Murray Terjual Setara Rp2,5 Milyar

NFT (Non-Fungible Token) yang mewakili foto-foto kemenangan petenis Andy Murray pada tahun 2013 akhirnya terjual setara Rp2,5 milyar. Toko NFT tempat lelang itu, WeNew, adalah milik Beeple, yang NFT-nya terjual US$69 juta pada Maret 2021. Di 11 kripto baru di Triv lalu, ada beberapa yang terkait NFT.

NFT memang bikin geleng-geleng kepala. Tak hanya karena gara-gara harganya selangit, tapi pula membuktikan kekuatan teknologi blockchain dan aset kripto.

Bahwa NFT pada prinsipnya adalah sertifikat digital yang menyatakan keaslian sebuah objek digital ataupun fisik. Dia diwakili oleh token digital lewat smart contract. Token ini dicatat di blockchain sebagai sebuah transaksi.

NFT Andy Murray adalah yang pertama di dunia untuk kategori olah raga tenis. Ini bisa jadi pertanda awal, bahwa NFT akan semakin terkemuka untuk urusan lelang benda-benda bernilai dan langka oleh para pesohor.

Andy in action
Salah satu foto Andy Murray yang dilelang dalam bentuk NFT.

Di sini lain, blockchain memberikan harapan, bahwa sektor yang didominasinya tidak hanya urusan uang, tetapi masuk ke ranah seni, kurasa dan artefak digital.

Dan yang menarik, toko tempat lelang NFT itu didirikan oleh seniman digital Beeple (bernama asli Mike Winkelmann).

Beeple (Digital Artist) Wiki, Bio, Age, Height, Weight, Dating, Net Worth,  Family, Real Name, Facts - Pop Creep
Mike Winkelmann

Toko itu adalah debutnya kali pertama untuk urusan lelang NFT. Tentu saja NFT Maret 2021 lalu menjadi pendongkrak popularitas toko itu.

Bicara tentang NFT maka tidak bisa dilepaskan dari kripto yang mendukung NFT itu sendiri. Pasalnya ada sejumlah proyek kripto dibuat oleh perusahaan lain terkait NFT.

Kripto ETH misalnya masih mendominasi transaksi NFT. Dalam pembuatan NFT dan transaksi, masih menggunakan ETH.

Kripto ENJIN dan NFT

Nah, di 11 kripto baru di Triv lalu, ada beberapa yang terkait NFT. Ini mungkin bisa menjadi alasan fundamental untuk melirik kripto itu.

Salah satunya adalah ENJIN (ENJ). ENJ berfungsi sebagai penyimpanan nilai digital yang digunakan untuk mendukung nilai aset blockchain seperti token non-fungible (NFT).

Setiap aset yang dicetak dengan Platform Enjin berisi ENJ, sumber daya pencetakan yang terkunci di dalam NFT dan akan dihapus dari peredaran.

Dengan adanya ENJ di platform, likuiditas dalam game akan menjadi semakin mudah, sehingga para pemain dapat memperdagangkan item di game ke dunia nyata untuk menghasilkan uang sungguhan.

Inilah nilai utama yang menjadi sorotan para penggunanya, sehingga semakin bertambah pemain dalam ekosistem game, maka akan semakin laris penggunaan ENJ yang tentu akan memberi potensi kenaikan hebat untuk token ini di masa depan sehingga investor sangat mempertimbangkan token ini ke dalam portofolio mereka. [triv]

Comments are closed for this post.