OpenBazaar Sekarang Telah Digunakan Di 183 Negara

OpenBazaar, pasar desentralisasi ini telah tersebar di 183 negara. Pengumuman ini dibuat sebelumnya kemarin oleh perusahaan tersebut lewat Twitter-nya. Proyek ini, sudah menjadi produk internasional yang mendorong e-commerce global secara desentralisasi.

Platform OpenBazaar telah mencapai keberhasilan yang luar biasa untuk menjadi produk global dalam waktu kurang dari satu bulan dari peluncurannya. Platform ini dibuka untuk umum pada tanggal 4 bulan ini.

Baca juga: Western Union Berinvestasi Di Perusahaan Digital Currency Grup

2016-03-28 23.14.17

OpenBazaar hanya menerima bitcoin sebagai mata uang pada platformnya, modelnya sangat unik jika dibandingkan dengan situs bitcoin lainnya yang tersedia di dalam web. OpenBazaar bisa kita katakan sebagai campuran eBay dan BitTorrent yang menggunakan bitcoin untuk melakukan sebuah transaksi. Untuk menggunakan OpenBazaar, baik pembeli dan pedagang harus men-download dan menginstal aplikasi OpenBazaar pada desktop mereka. Begitu mereka telah menginstal perangkat lunak/software tersebut, mereka dapat membuat account mereka pada platform.

Pada saat yang sama, tidak ada biaya atau biaya tambahan untuk melakukan pendaftaran produk, menjual dan membeli pada platform tersebut. Namun, dalam kasus persengketaan, pengguna OpenBazaar dapat menggunakan moderator untuk menyelesaikan sengketa, dalam kasus tersebut, biaya akan dibayarkan ke moderator yang terlibat dalam penyelesaian sengketa. Platform ini mampu beroperasi pada model tanpa biaya terutama karena penggunaannya dari bitcoin sebagai modus transaksi. Bitcoin menjadi open source, protokol transaksi desentralisasi peer to peer ini gratis/bebas untuk diintegrasikan dan bahkan transaksi tersebut dapat terjadi melalui protokol Bitcoin yang tidak memerlukan biaya transaksi, tetapi dengan biaya kecil yang dibebankan oleh para penambang untuk menyelesaikan sebuah transaksi.

OpenBazaar diciptakan oleh Brian Hoffman bersama rekan-rekannya. Proyek itu sendiri adalah sebuah cabang dari proyek DarkMarket yang diciptakan oleh Amir Taaki, yang dipresentasikan pada Toronto Bitcoin Hackathon di tahun 2014. Berdasarkan dari Washington DC, proyek tersebut telah mengumpulkan sejumlah dana hingga $ 1 juta dari Andreessen Horowitz, Union Square Ventures, dan William Mougayar.

Dengan menggunakan bitcoin dan teknologi blockchain, OpenBazaar telah mengubah wajah e-commerce, sehingga mudah untuk digunakan dan diakses oleh semua orang tanpa memandang batas-batas geografis. Dengan peningkatan adopsi teknologi mata uang digital, kita bisa mengharapkan batas-batas yang memisahkan bangsa tersebut hilang.

Sumber: OpenBazaar

OpenBazaar Sekarang Telah Digunakan Di 183 Negara

Be the first to write a comment.

Your feedback