Saham GOTO Makin Diminati? Eittt Jangan FOMO!

Saham GOTO

Saham GOTO belakangan ini menjadi trending topic di dunia investasi. GOTO adalah perusahaan hasil gabungan (merger) antara dua perusahaan teknologi yaitu Gojek dan Tokopedia. Sejak april 2022, GOTO menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar (market cap) terbesar di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). GOTO melakukan IPO pada 15 Maret 2023 dengan target pendanaan 15,2 triliun rupiah.

GOTO memiliki saham yang sangat menarik minat investor, terutama investor pemula yang didominasi oleh gen Z dan Milenial. Kenapa demikian? Hal ini dapat dikarenakan Gojek dan Tokopedia diawali dari sebuah Tech Startup (perusahaan rintisan teknologi) yang sangat erat dengan culture anak muda. Tidak hanya itu, GOTO banyak diminati oleh investor karena gencar melakukan promosi di media sosial sehingga investor lebih mudah mengenali dan mengerti seperti apa perusahaan ini.

Walaupun saham GOTO sangat populer, terutama dikalangan anak muda. Namun, sebagai investor kamu tetap harus aware dan melakukan analisa baik fundamental maupun teknikal pada saham perusahaan yang akan kamu beli.

Baca juga: Saham BCA Menjanjikan? Cobain Investasi 77 Saham Luar Negeri Yang Baru di Triv

Saham GOTO Sangat Diminati? Berikut Beberapa Alasannya

Peminat saham GOTO ini terus bertumbuh pesat hingga akhir agustus 2023 ini. Selain karena promosi di sosial media yang gencar. Hal lain yang membuat saham GOTO menarik bagi investor adalah ekosistem yang lengkap. Ekosistem GOTO terdiri dari transportasi, marketplace, alat pembayaran dan perbankan. 

Tidak hanya investor lokal yang memborong saham GOTO ini. Investor asing juga ramai-ramai membeli saham GOTO. Jika ditelusuri, ada beberapa alasan yang membuat investor asing tertarik untuk membeli saham GOTO. Salah satunya karena fakta saham GOTO yang belum lama ini berhasil masuk ke dalam daftar large cap di indeks FTSE Global seri Asia Pacific (efektif penutupan 17 Maret 2023) dan indeks MSCI (efektif 1 Juni 2023).

Faktor-faktor seperti inovasi produk, kemitraan, atau tren industri yang mungkin mendukung kenaikan minat. Produk berbau aplikasi dan teknologi seperti halnya Tokopedia dan Gojek ini, dipandang sebagai trend yang akan terus berkembang kedepan. Selain itu, kemitraan yang berlangsung antara Gojek dan Tokopedia ini sudah mengakar ke barisan UMKM sekalipun. Semuanya saling melengkapi dalam suatu ekosistem yang kuat. 

Analisa Saham GOTO

Setelah mengetahui sejarah terbentuknya GOTO, pembahasan selanjutnya mengenai analisa saham GOTO secara teknikal. Analisa kali ini menggunakan TradingView untuk memudahkan dalam melakukan charting.

Chart saham GOTO pada Trading View

Analisa teknikal kali ini menggunakan bantuan trend line untuk melihat arah pergerakan tren, horizontal line untuk menentukan support dan resistance. Selain itu, juga menggunakan indikator Stochastic dan volume.

Saat artikel ini ditulis, harga saham GOTO adalah 88 rupiah. Apakah saat ini adalah waktu yang tepat untuk beli? Dengan time frame H4, tren masih menunjukkan fase bearish yang diisi oleh fase sideways pada satu bulan terakhir belakangan ini. 

Support kuat berada pada harga 83 rupiah, pada area tersebut sudah menunjukkan adanya konfirmasi pemantulan harga walaupun belum sempurna. Pada area ini, kamu bisa berasumsi untuk membelinya. Hal ini dikonfirmasi oleh indikator stochastic juga berada pada support dan mulai menunjukkan persilangan antara kedua warna.

Target price yang dapat diambil adalah 130, masih sangat panjang untuk mencapai waktu ini. Namun, yang namanya investasi sangat perlu untuk proyeksi secara jangka panjang untuk meraih keuntungan. Ketika harga telah menembus harga 98 rupiah, kamu bisa kembali membelinya karena telah breakout dari resistance yang pertama.   

Baca juga: Saham Tesla Layak Dibeli? Berikut Cara Membeli Saham Tesla

Resiko Investasi Saham GOTO

Setiap investasi pasti akan ada resikonya, apapun instrumen yang kamu pilih. Saham adalah salah satu instrumen yang tentu memiliki resiko. Oleh karena itu, kamu perlu memahami resikonya sebelum kamu terjun terlalu dalam. Untuk menimbang resikonya, tentu kamu harus tahu analisanya dan track record saham GOTO ini sejak pertama kali listing di bursa saham.

Grafik saham GOTO sejak pertama listing.
Source: id.investing.com

Sejak pertama kali listing, saham GOTO ini memiliki peminat yang cukup besar, sehingga di awal-awal harga saham cukup naik signifikan. Namun, saat ini harga saham GOTO terus turun dan hampir menyentuh titik support terendahnya. Hal seperti ini, yang dapat dipertimbangkan untuk mulai berinvestasi pada suatu instrumen saham.

Selain itu, laporan keuangan pada suatu saham harus kamu ketahui. Salah satu hal dari laporan keuangan yang perlu kamu lihat adalah laporan laba rugi perusahaan tersebut. Dengan mengetahui laba rugi suatu perusahaan, kamu dapat mempertimbangkan resiko yang akan kamu dapat ketika berinvestasi pada saham perusahaan tersebut.

Laporan laba rugi saham GOTO – Source: id.investing.com

Berikut ini adalah laporan laba rugi dari GOTO. Semakin besar laba yang didapat oleh suatu perusahaan, maka dapat menjadi indikator perusahaan tersebut potensial dan bonafit. Pastikan laba dari suatu perusahaan yang akan dipilih tidak mengalami kerugian yang signifikan. Dengan mengetahui laba suatu perusahaan, dan membandingkan dengan value perusaan tersebut kamu akan lebih mudah menyimpulkan dari resiko yang akan kamu dapat ketika berinvestasi sahamnya.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui isu atau berita mengenai perusahaan dan insdustrinya. Misalnya, ketika ada penyelewangan yang dilakukan petinggi perusahaan, maka hal tersebut bisa jadi akan berpengaruh pada harga sahamnya. Atau mungkin, kondisi industri yang sedang lesu atau adanya isu terkait faktor lain juga perlu kamu ketahui. Contoh, pada kasus perusahaan tambang sempat meroket karena ada berita atau isu bahawa Tesla akan mengambil bahan baku dan mendirikan perusahaan untuk batrai Tesla di Indonesia. Hal-hal seperti ini, sedikit banyak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan terkait.

Kesimpulan

Saham GOTO, hasil merger antara Gojek dan Tokopedia, telah menjadi pilihan menarik bagi investor, terutama gen Z dan milenial, karena popularitasnya dan ekosistem bisnis yang lengkap. Investor asing juga tertarik, sebagian karena GOTO masuk dalam indeks global.

Analisis teknikal menunjukkan harga saat ini 88 rupiah dengan support kuat di 83 rupiah, sementara target jangka panjangnya adalah 130 rupiah. Namun, seperti semua investasi, ada risiko yang perlu diwaspadai, termasuk pergerakan harga, laporan keuangan, dan berita industri yang dapat memengaruhi hasil investasi.

Oleh karena itu, sebelum berinvestasi, bijaklah untuk melakukan analisis dan riset pribadi lebih lanjut. Di Triv kamu bisa belajar seputar investasi dan melakukaninvestasi saham Amerika mulai 50.000 saja. Daftar dan investasi dengan Triv sekarang!

Comments are closed for this post.