SAND Jadi Top Gainer di Triv, Ini Analisisnya

SAND menjadi salah satu kripto top gainer di Triv dalam 24 jam terakhir per Jumat, 24 Desember 2021 pukul 10:39 WIB. Sejumlah indikator utama memberikan sinyal penguatan lebih lanjut.

Di Triv, SAND diperdagangkan di kisaran Rp88.294, naik 21,14 persen dalam 24 terakhir. Berdasarkan indikator Moving Average (MA) 50 dan 200 saja, penguatan diproyeksikan masih akan terus berlanjut. Indikator lain menyiratkan hal serupa.

Apa Itu SAND?

The Sandbox (SAND) adalah proyek kripto yang fokus di metaverse, satu istilah yang digemakan kuat oleh Mark Zuckerberg pada akhir Oktober 2021 lalu, ketika Facebook diubah namanya menjadi Meta.

Metaverse sendiri digadang-gadang akan menjadi panggung alternatif di Internet, dunia virtual untuk beragam aktifitas manusia, mulai dari bermedia sosial, belanja, rapat daring hingga bermain game.

Produk metaverse Sandbox sendiri sudah lama, sejak ia berdiri pada tahun 2020. Sandbox lewat piranti lunaknya memungkinkan pengguna berada di dunia virtual 3 dimensi interaktif. Pengguna diperbolehkan menggunakan avatar yang unik dan bisa membeli lapak virtual di dalamnya dalam bentuk NFT alias Non Fungible Token.

Sejak metaverse booming, sejumlah merek perusahaan masuk ke metaverse di Sandbox. Salah satu yang terbaru adalah perusahaan raksasa PwC yang membeli lapak virtual di Sandbox. Sebelumnya adalah seniman asal AS, Snoop Dogg juga masuk ke Sandbox. Ada pula Adidas, The Walking Dead, Atari, South China Morning Post, bahkan The Care Bears dan The Smurfs

William Gee dari PwC Hong Kong mengatakan, bahwa pembelian lapak itu akan menciptakan nilai melalui model bisnis yang inovatif dan memperkenalkan cara-cara baru untuk terlibat dengan klien dan komunitas. Bahkan dia menyarankan sejumlah kliennya untuk berinvestasi NFT lewat metaverse di Sandbox.

Memang nilai pembeliannya tidak diungkapkan, namun Animoca Brand memperkirakan nilainya sekitar 2,7 ETH (US$11.300) dan 40.000 ETH (US$164 juta).

Langkah PwC Hong Kong ini tercatat sebagai perusahaan ternama pertama yang membeli tanah virtual di metaverse, sekaligus semakin menegaskan visi perusahaan itu di dunia kripto dan blockchain.

NFT di Sandbox saat ini merupakan NFT terbesar keenam berdasarkan volume. Dalam minggu terakhir ini saja, volumenya mencapai 4.280 ETH (US$17,5 juta), berdasarkan data langsung di OpenSea.

Analisis Teknikal SAND

Menggunakan indikator Moving Average (MA) 50 dan 200 di time frame 4 jam, setelah mengalami death cross pada 15 Desember 2021 lalu, kini MA50 tampak menukik, mencoba menyilang MA200, berpotensi mencetak golden cross. Candlestick juga sudah berada di atas kedua MA itu.

Namun demikian roller coaster dipastikan akan muncul, berdasarkan indikator RSI yang telah berada di nilai 81 (overbought), jauh di atas titik “normal” yakni 70. Artinya, ini ada potensi trader dan holder akan mencetak keuntungan.

Sedangkan di time frame harian, belum ada tanda-tanda koreksi, sejak menguat pada 1 Agustus 2021 lalu, ketika golden cross tercipta di kisaran US$0,3 per SAND. Candlestick berada jauh di atas MA200 dan cukup dekat dengan garis MA50.

Berdasarkan RSI, nilai sudah melampaui 50, yakni di kisaran 62, yang menandakan aksi akumulasi bakal terus berlangsung hingga mendekat nilai 70 atau lebih. Di sini support (oversold) cukup baik sudah terjadi sebelumnya di 45 pada 14 Desember 2021 lalu. [triv]

Comments are closed for this post.