Shibarium Proyek Terbaru Shiba: Akankah Membuat Shiba To The Moon?

Shibarium Proyek Terbaru Shiba

Shibarium adalah proyek terbaru dari Shiba Inu. Apakah akan membuat Shiba to the moon? Mari kita bahas. Shiba Inu adalah salah satu proyek altcoin terbesar di market cryptocurrency dengan komunitas bernama Shiba Army yang setia mendukungnya. Komunitas ini telah meluncurkan berbagai pengembangan sejak pertama kali diluncurkan. Mulai dari koleksi non-fungible token (NFT) hingga pertukaran terdesentralisasi seperti ShibaSwap. Shiba Army dengan sabar menunggu rilis Shibarium.

Shibarium adalah solusi layer-2 yang bertujuan untuk meningkatkan ekosistem Shiba Inu dengan menyediakan transaksi lebih cepat dengan biaya lebih rendah, di antara peningkatan penting lainnya. Namun, masih ada banyak pertanyaan seputar rilis dan kegunaan Shibarium.

Mengapa Shibarium?

Token Shiba Inu saat ini berjalan di jaringan Ethereum. Meskipun merupakan blockchain yang sangat aman dan terdesentralisasi, kelemahan utamanya adalah masalah skalabilitas dan throughput yang rendah.

Meskipun Ethereum telah berpindah dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) melalui Merge , ini tidak berarti masalah skalabilitas dan throughput rendah terselesaikan. Ide utama di balik transisi ini adalah untuk memperkenalkan mekanisme penerbitan token baru. Sistem pemrosesan data yang lebih baik, dan tokenomik baru yang akan menguntungkan rantai dalam jangka panjang. Oleh karena itu, layer-2 dan sidechain masih menjadi bagian penting dari ekosistem Ethereum.

Sebelum kita menyelam lebih dalam. Mari kita mengingat kembali apa itu layer-2 dan solusi penskalaan, karena keduanya berguna untuk memahami mengapa komunitas Shiba membangun Shibarium.

Baca juga: Pegadaian Digital Semakin Diminati! Kamu Bisa Gadaikan Aset Digital di Triv

Apa itu Layer-2?

Lapisan-2 mengacu pada rantai sekunder yang dibangun di atas rantai utama. Ketika kita berbicara tentang blockchain seperti itu, kita secara teknis mengacu pada lapisan-1, yang juga bisa disebut rantai utama, lapisan dasar, lapisan-1, dan seterusnya. Oleh karena itu, layer-2 merupakan rantai yang bekerja sama dengan rantai utama.

Lapisan-2 adalah apa yang disebut solusi penskalaan, sebuah teknologi yang dapat meningkatkan blockchain dalam berbagai cara tetapi semuanya memiliki tujuan utama untuk mengurangi kemacetan jaringan pada lapisan utama. Ada berbagai jenis solusi penskalaan, terutama:

Sidechains: blockchain independen yang kompatibel dengan blockchain utama lainnya. Salah satu contoh terkenal adalah Polygon, sidechain yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM). Meskipun otonom, ini memungkinkan pengembang dan pengguna untuk memindahkan proyek mereka dari Ethereum ke Polygon dan sebaliknya.

Saluran negara: protokol peer-to-peer yang memungkinkan dua pihak untuk bertransaksi di luar jaringan Ethereum dan memposting hasil akhir ke blockchain.

Lapisan-2: solusi penskalaan yang mengeluarkan transaksi dari jaringan untuk mengeksekusinya dalam rantai lapisan-2, kemudian mengirimkan data transaksi kembali ke blockchain utama dalam bentuk kumpulan. Dua contoh populer dari layer-2 adalah optimis dan rollup Zero-Knowledge.

Dalam hal ini, Shibarium akan menjadi rantai layer-2 yang akan menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Stake. Ini berarti bahwa pengguna yang mempertaruhkan sebagian dari token mereka untuk menjadi validator.

Validator akan memverifikasi status blockchain untuk memproses transaksi, alih-alih penambang menggunakan perangkat keras yang mengkonsumsi listrik dalam jumlah besar. Jaringan komputer global yang bertindak sebagai validator akan memastikan desentralisasi blockchain.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Shibarium akan bekerja bersama Ethereum untuk memproses transaksi di ekosistem Shibarium. Dibutuhkan potongan besar dari beban transaksi yang saat ini dibawa oleh ekosistem Shiba Inu ke Ethereum untuk memprosesnya di rantai Shibarium.

Selanjutnya, lapisan-2 akan menghapus token dari peredaran untuk mengurangi pasokan dan membantu meningkatkan harga. Ini dikenal sebagai mekanisme pembakaran token, di mana token dikirim ke dompet yang hanya dapat menerima token tetapi tidak dapat mengirim, juga disebut Dompet Mati.

Untuk lebih mudah memahami mekanisme pembakaran token, simak video berikut ini:

Penjelasan mengenai token burn

Shiba Army telah lama memperjuangkan pembakaran token sebagai cara untuk mengurangi pasokan mata uang kripto yang dilihat sebagai meme dan membuat token yang beredar lebih bernilai sebagai hasilnya, jika permintaan dipertahankan atau naik. Di akhir tahun 2021, komunitas Shiba Inu telah membakar total 410 triliun token .

Sejauh ini, belum diketahui seperti apa teknologi layer-2 yang akan menjadi dasar Shibarium, apakah optimis rollup atau ZK rollup.

Baca juga: Apa Itu Dividen? Ini Perusahaan Dengan Dividen Paling Besar

Kapan Shibarium Akan Diluncurkan?

Tidak ada tanggal rilis resmi untuk Shibarium pada saat penulisan. Sesuai posting blog resmi , pengembang telah mengerjakan proyek tersebut sejak April 2022, tetapi belum ada pembaruan tentang perkembangannya. Apa yang telah dilaporkan adalah bahwa proyek tersebut akan memasuki fase Testnet melalui beta publik untuk segera menyusul setelah rilis.

Dengan kata lain, ada banyak pekerjaan yang terjadi di latar belakang, tetapi belum ada yang resmi. Testnet akan memungkinkan pengembang untuk membangun dan menguji alat yang diperlukan untuk interaksi pengguna akhir, seperti jembatan transfer token, dompet, penjelajah blok, dan banyak lagi.

Sejarah Shibarium

Shibarium pertama kali diusulkan oleh pencipta Shiba Inu , pengembang anonim Ryoshi. Namun, pada posting blog yang sekarang sudah dihapus, Ryoshi tidak yakin apakah itu blockchainnya sendiri atau L2 —tetapi garis yang memisahkan keduanya agak tipis: “Garis antara L2 dan blockchain sendiri tipis, saya berarti apa sebenarnya perbedaan antara Matic L2 [Polygon] dan BSC [BSC telah berganti nama menjadi BNB Chain]”

Namun, tampaknya Shibarium akan tetap menjadi layer-2-nya sendiri, menurut postingan blog dari developer. Artinya tidak akan ada SHIB 2.0, karena akan tetap terhubung ke Ethereum. Lapisan-2 akan mengharuskan pengguna untuk menggunakan $BONE untuk bertransaksi di atasnya. Ini, secara teoritis, akan berarti lebih banyak permintaan untuk BONE, yang merupakan token tata kelola dari pertukaran ShibaSwap yang terdesentralisasi.

Shibarium sebagai sebuah konsep sudah ada sejak awal tahun 2021. Yang bisa kita temukan di Twitter adalah komunitas Shiba membicarakan tentang Shibarium yang hampir selesai. Namun penantian yang lama membuat pemegang BONE resah.

Sumber: Twitter

Shytoshi Kusama adalah Pemimpin Proyek Shiba saat ini. Menurut Kusama, Shibarium akan menawarkan throughput transaksi secepat kilat, biaya rendah, dan lebih banyak manfaat untuk semua yang membangunnya.

Apa Tujuan Shibarium?

Selain meningkatkan kecepatan transaksi dan skalabilitas, ini berfungsi sebagai fondasi aplikasi terdesentralisasi baru dari semua jenis yang dibangun di lapisan-2 baru, termasuk DEX, pasar NFT, dan lainnya.

Kapan Shibarium Akan Diluncurkan?

Belum ada tanggal resmi sampai sekarang. Tidak hanya SHIB Army yang ingin mendengar sesuatu dari developer resmi, tetapi juga investor.  

Token apa yang akan digunakan oleh Shibarium?

Shibarium akan menampilkan sistem multi-token yang terdiri dari $BONE dan $LEASH. Yang pertama akan menjadi token utilitas rantai dan yang terakhir akan berfungsi sebagai token likuiditas bagi pengguna untuk mempertaruhkannya di kumpulan likuiditas untuk mendapatkan hadiah.

Shibarium Proyek Terbaru Shiba

Comments are closed for this post.