Awas Jaringan Ethereum Tidak Stabil

Tim pengembangan Ethereum secara resmi menunda pelaksanaan EIP150, hard fork yang dirancang untuk meningkatkan biaya gas transaksi, pengaturan blok target untuk 2463000. Sementara itu Coinbase memperingatkan kepada para pengguna terhadap ketidakstabilan jaringan ini, ahli Bitcoin telah mulai mengkritik langkah-langkah keamanan jaringan Ethereum.

Sejak akhir September, peningkatan jumlah serangan denial-of-service telah menargetkan jaringan Ethereum oleh spam jaringan dengan transaksi. Meskipun mereka merilis beberapa Geth dan update paritas, jaringan Ethereum secara terus menerus gagal untuk menanggulangi intensitas serangan DoS yang sedang berlangsung, yang akhirnya memaksa diri untuk melakukan hard fork.

Baca juga: Trump vs Clinton: Berbicara Mengenai Pinjaman, Pajak dan Bitcoin

Buterin menekankan bahwa perubahan besar dari hard fork dalam biaya penyimpanan akan mengurangi keterlambatan dan mencegah serangan DoS di masa depan.

“EIP ini meningkatkan biaya pembacaan opcodes storage untuk mengatasi masalah ini.”

Menyusul pernyataan dari tim pengembangan Ethereum, penyedia layanan dompet Ethereum dan platform trading Coinbase memperingatkan penggunanya akan ketidakstabilan jaringan dan memutuskan untuk menangguhkan transaksi ETH mulai 17 Oktober kemarin.

Tim Coinbase mengatakan bahwa pengguna kemungkinan besar akan mengalami gangguan/penundaan deposit dan penarikan sampai minggu depan.

“Ini [Hard fork] kemungkinan akan menyebabkan ketidakstabilan jaringan ETH untuk jangka waktu tertentu. Pelanggan akan mengalami penundaan untuk deposit dan penarikan ETH dari Coinbase hingga 7 hari berikutnya. Semua dana ETH nasabah akan aman di Coinbase selama periode ini,” berikut adalah pengumuman dari pihak Coinbase.

Namun, Coinbase menjelaskan bahwa perusahaannya bersedia untuk mendukung satu fork dari protokol Ethereum dan tidak berencana untuk mendukung fork lain dari protokol. Dukungan penarikan Ethereum Klasik juga akan ditunda sampai keberhasilan pelaksanaan EIP 150.

Menurut Ethereum Klasik China, Ethereum klasik juga berencana untuk melakukan hard fork yang baru berdasarkan usulan dari pemimpin komunitas Ethereum Cina Roy Zou.

Para Ahli Mengkritik Aksi Hard Fork Ethereum

Terlepas dari upaya Foundation untuk mengurangi dan mencegah serangan DoS yang masuk, para ahli Bitcoin tidak puas dengan struktur yang mendasari protokol ini.

Mayoritas ahli Bitcoin mengkritik fleksibilitas yang berlebihan dari jaringan Ethereum, yang mereka percayai akan mengakibatkan berbagai penundaan dalam jaringan dan masalah keamanan.

Awas Jaringan Ethereum Tidak Stabil

Be the first to write a comment.

Your feedback