Pencurian Bitcoin? Fitur Anti-Pencurian Kini Mendapat Ruang Pada Sidechains

Pada intinya, bitcoin itu diciptakan untuk memberikan pengguna kontrol yang lebih baik dari uang/dana mereka.

Bitcoin juga kerap disebut sebagai “uang yang terprogram”, bitcoin memiliki script yang membatasi bagaimana masa depan transaksi bitcoin bisa dihabiskan. Satu script seperti memastikan orang yang benar-benar menghabiskan bitcoinnya dengan memeriksa tanda tangan yang benar digunakan sebelum membuka kunci dan mengirim dana.

Baca juga: 4 Langkah Pertahanan Terhadap Serangan 51%

Minggu ini, Blockstream sedang mengembangkan teknologi core Russell O’Connor yang menyatakan dia telah menguji beberapa script baru pada Elemen Alpha Sidechain (yang dipatok dengan testnet bitcoin) yang bisa menambahkan fungsi baru.

Sebut saja “covenants“, gaya baru dari skrip yang berpotensi membuka kemungkinan untuk bagaimana pengguna bitcoin dapat mengontrol atau membatasi pengeluaran uang mereka – untuk perlindungan mereka. (Ini adalah ide yang sebelumnya dieksplorasi oleh peneliti Malte Moser, Ittay Eyal dan Emin Gun Sirer).

Satu kasus yang dapat menggunakan script ini adalah untuk membantu pengguna dalam mengendalikan koin mereka pada kasus hack (kasus yang paling umum di dunia bitcoin).

Ketika ditanya pendapatnya mengenai kerja covenant, Eyal mengatakan covenant sangat berpotensi besar untuk pengguna Bitcoin yang khawatir mengenai kehilangan dana Bitcoin mereka atau dicuri.

Secara khusus, ada dua script covenant Blockstream yang dieksplorasi, yang masing-masing mengambil parameter dan output dari script valid.

Sistem scripting bitcoin pada saat ini cukup sederhana demi keamanan. Tidak ada aturan tak terbatas dalam Bitcoin pada saat ini karena penambahan script yang baru dapat berpotensi bahaya.

Nah di sinilah sidechains mulai berguna, meskipun sidechains belum disematkan ke blockchain utama.

Startup Bitcoin Blockstream telah bekerja pada blockchain interoperable yang bereksperimen dengan fitur baru yang berpotensi dapat ditambahkan ke Bitcoin sejak Juni tahun lalu, dan ini adalah contoh bagaimana rantai/chain baru dapat digunakan untuk menguji fitur yang baru.

Pencurian Bitcoin? Fitur Anti-Pencurian Kini Mendapat Ruang Pada Sidechains

Be the first to write a comment.

Your feedback